Senin, 27 Februari 2012

berjumpa unsur kreatif di Griya 5A

musik/ buku/ kuliner

tahukah anda kalo di kota semarang, ada komunitas anak muda yang kreatif dan punya visi untuk membuat diri mereka sendiri kreatif dan berguna bagi tujuan yang lebih besar. hari minggu kemaren , sekitar jam 10 pagi saya berjumpa unsur unsur kreatif tersebut di rumah bernomor 5A. Foto yang saya tampilkan disini adalah karya salah seorang yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah pemilik blog: http://dreamcapsul.blogspot.com/

atas kebaikan Mbak Sekar Nareswari yang punya blog di http://sekarnareswari.wordpress.com/ kita di fasilitasi tempat yang sangat nyaman untuk berjumpa , berdiskusi , sharing dan menyerap semangat yang di pancarkan oleh masing masing yang hadir.

susunan kawan2 secara alami membentuk Piramida.
ini melambangkan perpaduan IQ, EQ dan SQ
saya belajar menyimak hal hal baru dari kawan kawan yang hadir , dan semuanya hadir karena dipertemukan sosial media bernama Twitter. twitter memang sedang trend saat ini. beberapa mewakili komunitasnya, diantaranya:

komunitas blogger semarang bernama Loenpia.net, yang aktivitasnya bisa anda lihat di  http://loenpia.net/blog/ . kemudian ada pula komunitas blogger bernama dot semarang yang bisa anda baca kegiatannya di http://dotsemarang.blogdetik.com/. ada pula komunitas Semarang Obah , sebuah gerakan untuk memajukan kota semarang, anda bisa membaca lebih lanjut di http://semarangobah.com/

kemudian ada pula komunitas Akademi Berbagi Semarang yang merupakan komunitas pembelajaran yang bernaung satu atap dengan Akademi Berbagi di Jakarta. yang kegiatannya bisa anda baca di http://akademiberbagi.org/

selain komunitas tersebut , saya ikut hadir mewakili komunitas nulisbuku club semarang juga berbagi tentang cara mudah menerbitkan buku dan menjual buku tanpa harus melewati proses yang rumit. Nulisbuku club sendiri sudah ada di beberapa kota di Indonesia. seperti di jakarta , bandung , jogja , surabaya , palembang , solo , banjarmasin dll.

semangat mengekspresikan diri ini oleh sebagian orang di sebut passion. bagi yang lain menyebutnya ekpresi diri. bagi saya ini ekpresi jiwa. ciri khas nya adalah anda senang melakukannya dan mendapat kepuasaan batin. saya jadi ingat menonton intreview Deepac Copra di youtube. beliau ditanya tentang cara menemukan tujuan hidup dan di jawab:  banyangkan anda memiliki uang yang tak terbatas dan bisa membeli apa saja yang anda inginkan dan anda sudah memiliki semua kekayaan lalu apa yang mau anda lakukan dalam hidup inisebelum mati?  kalau anda bisa menjawab itu maka anda akan menemukan tujuan hidup yang paling berarti bagi anda.

saya teringat buku karya Vijay Eswaran, seorang Milyuner dari Malaysia keturunan India. beliau menulis buku tentang makna hidup dan dunia keheningan karena beliau sudah memiliki kekayaan yang berlimpah. bahkan keluarganya sejak era ayahnya adalah seorang yang terkenal sebagai filantropis atau orang yang gemar melakukan kegiatan sosial dan menyumbang uang untuk kepentingan kemanusiaan.


saya juga kemaren membeli buku Karya Setiawan Djody . seorang Indonesia yang saya suka. bagi saya Setiawan djody lebih keren dari SBY dan Aburizal Bakri. kalau anda menyimak wawancara di youtube tentang biografi setiawan djody . maka anda akan tahu orang ini piawai mencari uang ,bisnisman sukses .juga punya jiwa seniman yang kuat . bahkan kakeknya adalah seorang pejuang nasional. teman dari iwan fals dan almarhum WS rendra ini . pasti tertawa jika mendengar tujuan hidup orang adalah mencari uang. bagi orang orang yang sudah punya uang dan kekayaan , sering pendapat mereka tentang hidup lebih baik dari pada orang yang tidak punya uang atau punya kekayaan tapi nanggung .


Setiawan Djody

buku Setiawan Djody berjudul Reformasi dan elemen elemen revolusi . yang saya temukan di stand obral gramedia pandanaran semarang . cuma di hargai 15ribu rupiah . bagi saya sebuah kepuasan bisa memiliki buku beliau. beliau orang yang wawasannya kosmopolitan atau mendunia  bukan hanya Jakarta sentris. beliau kuliah di New York dan mengenal tokoh politik papan atas di sana. bahkan sebagai pengusaha, nama beliau di kenal sampai Rusia di bidang transportasi pengiriman minyak mentah dengan kapal, juga memiliki usaha  tambang minyak di luar negeri. namun banyak masyarakat kita mengenal beliau sebagai sosok seniman dan selebrity.

perjumpaan dengan unsur unsur kreatif di Griya 5A , kediaman Mbak Sekar jika di padukan dengan buku buku yang saya beli kemaren malam sebanyak 8 buku pasti akan berguna suatu hari kelak. kalo tidak saya kendalikan laju pengeluaran uang dari dompet saya , mungkin saya akan membeli sampai 15 buku. ternyata  jiwa  Sarjana akuntansi dengan perhitungan biaya variabel dan budgeting yang pernah saya dapatkan ketika kuliah masih bisa mengendalikan kegemaran saya belanja buku. ketika nantinya saya baca semua buku tersebut ,  akan menghasilkan sebuah update wawasan yang berguna bagi hidup saya.

Lama Zopa Rinpoche

ada buku spiritual karya seorang Guru budha Tibet yang saya beli yaitu buku berjudul How To Be Happy karya Lama Zopa Rinpoche. saat ini giliran buku pertama berjudul Pemasaran Inspiratif karya Joe Vitale dan Craig Perrine dari Amerika Serikat yang sedang saya baca.

sekian dulu , semoga informasi ini ada manfaatnya.

Salam,
Edy Pekalongan

3 komentar:

slamsr mengatakan...

udah lama denger NBC
tapi baru kali ini ketemu yang punya

Edy Pekalongan mengatakan...

terima kasih atas kunjungannya mas slamsr

didut mengatakan...

sampai ketemu lagi mas & senang perjumpaan kmrn didokumentasikan dgn apik hihihi~