Langsung ke konten utama

Karya kedua *WRUHANIRA

setelah menunda 2 bulan untuk peluncuran buku kedua saya agar memberi kesempatan kepada buku pertama saya bertumbuh dan mendapat perhatian , maka kemaren saya mengupload naskah buku kedua saya di situs nulisbuku.com dan telah membayar biaya yang di perlukan . dan dalam dua minggu kedepan buku kedua saya akan dipajang di rak buku online.

*WRUHANIRA , renungan spiritual warisan leluhur jawa.
adalah buku tentang pengembangan diri / spiritual . yang berisi pelajaran kebijaksanaan yang saya dapatkan di Candi Shiwa komplek Candi Prambanan di Jogja pada tahun 2008 lalu. kemudian pelajaran tata pemerintahan jaman dinasti sailendra yang saya dapatkan di Candi Borobudur pada tahun 2008.

sebuah kitab pelajaran budha dari seorang guru di  jaman kerajaan kalingga abad ke 6 masehi, yang saya tulis pada akhir tahun 2010 saya sertakan pula dalam buku *WRUHANIRA . karya sederhana ini sangat ringkas namun muatan pelajarannya membutuhkan waktu mencerna yang tidak sebentar. bagi saya buku kedua saya ini adalah rangkuman kitab pribadi saya yang bisa bertahan sampai seratus tahun kedepan. karena isi didalamnya adalah kebijaksanaan kuno di jawa yang telah berusia lebih dari 1500 tahun.

setiap orang memiliki tugas kehidupan yang harus diselesaikan di bumi ini dalam periode waktu dia di lahirkan. salah satu tugas saya untuk membawa pesan kebijaksanaan kuno leluhur jawa di era internet ini baru saja saya lakukan. bukan urusan saya siapa yang akan mempelajarinya . karena setiap manusia yang sudah siap akan pelajaran tersebut akan mencari dan menemukannya.

saya percaya tidak ada yang kebetulan di dunia ini. segala sesuatu yang terjadi adalah karena kombinasi perbuatan kita di masa kini dan masa lalu yang bercampur dengan unsur unsur yang tepat sehingga melahirkan sebuah kejadian.

tugas pujangga , begitu saya sering menjuluki diri saya sendiri. saat ini saya sudah melewati pertanyaan "kenapa harus saya " dan melewati ujian ketakutan di cap sebagai tidak wajar atau aneh. sedangkan tugas saya sebagai seorang shaman atau tabib juga kadang masih saya tunaikan jika ada orang yang meminta pertolongan.

sebagian teman saya ada yang  menyangka saya tidak peduli pada karier dan kesuksesan. mereka salah. karena pandangan karier dan kesuksesan bagi diri saya berbeda dengan mereka. setiap orang memang harus mencari uang . masalahnya seni mencari uang berapa banyak ? kalo cara mencari uang , sandang pangan di sebut kesuksesan adalah hal yang bodoh.

mereka bangga menjadi pengusaha , itu bukan sebuah kebanggan bagi saya. itu hanya cara mencari uang.
sebuah kebanggan pada prestasi barulah boleh di banggakan. contoh adalah kontribusimu dalam membantu manusia lain yang memerlukan pertolonganmu. berapa banyak pengorbanan waktu , tenaga dan sumber daya yang kamu miliki untuk sesuatu  diluar  dirimu ,keluargamu dan kepentinganmu.

jika kamu pernah menyebrangkan  orang buta di jalan raya saat berangkat sekolah/ kuliah dan orang buta itu bukan tentanggamu bukan keluargamu bukan siapa siapamu itu baru sebuah perbuatan yang patut di banggakan. karena sedikit orang yang rela menyisihkan waktunya di pagi hari di jalan raya karena takut terlambat masuk sekolah / kerja.

saya pernah menyebrangkan seorang bapak tuna netra di tahun 2001 ketika akan berangkat kuliah di pagi hari  dan bukan hanya sekali . saya baru tahu rasanya kalo menjadi orang buta itu susah sekali dalam beraktivitas. saya merasakan genggaman tangan tuna netra itu di pundak saya. dan dia berterima kasih setelah sampai di seberang jalan. dari kejadian dulu itu membuat saya banyak bersyukur dan saya berjanji di masa depan akan banyak berbuat sesuatu yang berguna untuk orang orang yang tidak saya kenal. waktu itu saya belum tahu apa itu karma dan reinkarnasi atau past life. saya juga belum mengenal tentang ajaran budha atau yoga. yang saya tahu baru ajaran spiritual  islam jawa.

ajaran islam jawa juga saya sertakan di dalam buku kedua ini. terjemahan dari karya Sri Paduka Mangkunegoro IV salah seorang Raja Pura Mangkunegaran  berjudul Serat Wedotomo .

saya tidak pernah ambisi belajar ajaran spiritual, hanya kita tidak pernah tahu masa depan akan membawa langkah kita kemana. jalani saja. ketika saya mengikuti hati nurani saya . semua konsep hidup saya berubah dan saya banyak menderita secara batin dan lahir. namun saat ini , saya bersyukur dengan penderitaan batin dan lahir yang telah saya lalui. dan diberi tugas menyampaikan pesan kebijaksanaan leluhur jawa melalui karya saya *WRUHANIRA

*WRUHANIRA adalah bahasa jawa kawi yang berarti KETAHUILAH OLEHMU.

demikian semoga ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun