Langsung ke konten utama

arca dwarapala



arca dwarapala, simbol penjaga ajaran dharma / candi di jawa.
gada / pentungannya menghadap ke bawah / bumi.
kalo penjaga istana / rumah , biasanya pentungannya menghadap ke atas / angkasa

bentuk gada/ pentungan di jawa , agak berbeda dgn bentuk gada/ pentungan di india. Gada adalah salah1 bentuk senjata kuno tongkat batu / logam / kayu keras , bahkan dilestarikan sampe sekarang oleh petugas keamanan satpam / polisi dalam bentuk tongkat pendek.

tongkat pendek ini, menjadi tombak pendek pada masa kerajaan. biasanya di pegang oleh mahawira / prajurit level atas. kalo prajurit wira tamtama memegang tombak panjang. mirip jendral pegangnya laras pendek, kalo prajurit pegangnya laras panjang. secara simbolis , jendral di negari kita juga masih memaki tongkat kecil / tongkat pendek komando. ini mewakili tombak pendek dimasa lalu.

tombak pendek seorang mahawira / jendral jaman kerajaan. panjangnya kurang dari satu meter. artinya dalam bertempur jarak dia dengan musuh sangat dekat. maksudnya adalah, musuh terbesar bukanlah orang lain tapi dirinya sendiri. karena seorang mahawira itu ahli strategi yg ulung, dia sulit di perdaya musuh, tapi dia sering kali di kalahkan oleh ambisi / keinginan pribadinya.

dwarapala sebagai penjaga ajaran dharma, dgn tongkat pendek / gada besi dan ular berbisa yg melilit sbg hiasan. artinya bisa bertindak dgn cara kasar juga cara halus.

rupa dwarapala saat ini lebih dianggap sebagai butho / raksasa atau setan. padahal itu lambang pengayoman. bahwa yg besar dan kuat itu tugasnya sebagai penjaga bukan perusak dan penjajah. dan tidak semua yg memiliki rupa menakutkan itu wataknya menakutkan. melihat arca dwarapala ini akan membuat batin kita diingatkan untuk waspada, agar berhati2 dalam bersikap , menjauhi niat jahat saat memasuki kuil / istana.

kalo jaman sekarang masuk museum , istana ada peringatan :
" ruangan ini dipasang camera pengawas , jaga kelakuan anda "

atau masuk terminal , ada tulisan:
" awas copet , waspada "

kalo jaman dulu , pakai simbol arca dwarapa.
intinya sebagai pengingat akan hukum kerajaan / negara.
jaman berubah , simbol2 / rambu rambu berubah.

sekarang arca ini jadi barang antik. tapi makna bahwa kegunaan arca ini sebagai pengingat diri untuk menjauhi niat & tindakan jahat, sudah banyak terlupakan.


salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun