Rabu, 22 Januari 2014

arca dwarapala



arca dwarapala, simbol penjaga ajaran dharma / candi di jawa.
gada / pentungannya menghadap ke bawah / bumi.
kalo penjaga istana / rumah , biasanya pentungannya menghadap ke atas / angkasa

bentuk gada/ pentungan di jawa , agak berbeda dgn bentuk gada/ pentungan di india. Gada adalah salah1 bentuk senjata kuno tongkat batu / logam / kayu keras , bahkan dilestarikan sampe sekarang oleh petugas keamanan satpam / polisi dalam bentuk tongkat pendek.

tongkat pendek ini, menjadi tombak pendek pada masa kerajaan. biasanya di pegang oleh mahawira / prajurit level atas. kalo prajurit wira tamtama memegang tombak panjang. mirip jendral pegangnya laras pendek, kalo prajurit pegangnya laras panjang. secara simbolis , jendral di negari kita juga masih memaki tongkat kecil / tongkat pendek komando. ini mewakili tombak pendek dimasa lalu.

tombak pendek seorang mahawira / jendral jaman kerajaan. panjangnya kurang dari satu meter. artinya dalam bertempur jarak dia dengan musuh sangat dekat. maksudnya adalah, musuh terbesar bukanlah orang lain tapi dirinya sendiri. karena seorang mahawira itu ahli strategi yg ulung, dia sulit di perdaya musuh, tapi dia sering kali di kalahkan oleh ambisi / keinginan pribadinya.

dwarapala sebagai penjaga ajaran dharma, dgn tongkat pendek / gada besi dan ular berbisa yg melilit sbg hiasan. artinya bisa bertindak dgn cara kasar juga cara halus.

rupa dwarapala saat ini lebih dianggap sebagai butho / raksasa atau setan. padahal itu lambang pengayoman. bahwa yg besar dan kuat itu tugasnya sebagai penjaga bukan perusak dan penjajah. dan tidak semua yg memiliki rupa menakutkan itu wataknya menakutkan. melihat arca dwarapala ini akan membuat batin kita diingatkan untuk waspada, agar berhati2 dalam bersikap , menjauhi niat jahat saat memasuki kuil / istana.

kalo jaman sekarang masuk museum , istana ada peringatan :
" ruangan ini dipasang camera pengawas , jaga kelakuan anda "

atau masuk terminal , ada tulisan:
" awas copet , waspada "

kalo jaman dulu , pakai simbol arca dwarapa.
intinya sebagai pengingat akan hukum kerajaan / negara.
jaman berubah , simbol2 / rambu rambu berubah.

sekarang arca ini jadi barang antik. tapi makna bahwa kegunaan arca ini sebagai pengingat diri untuk menjauhi niat & tindakan jahat, sudah banyak terlupakan.


salam,
edy pekalongan

Tidak ada komentar: