Langsung ke konten utama

Yogacara dan past life




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi.

semakin dalam konsentrasimu dalam meditasi. lama kelamaan bisa secara alami kilasan past life muncul. tanpa diminta. biasanya itu diawali jika kita sudah mulai masuk kesadaran ketujuh dalam filsafat yogacara.

# kesadaran 1 -5 : itu kesadaran memakai panca indra.
# kesadaran ke 6 : itu pikiran pembeda, mulai menganalisa. cermat mebedakan mana yang khayalan, mana yg fakta , mana pikiran , mana perasaan, mana pendapat, mana hasil riset.
# kesadaran ke 7 : saat mimpi , tahu kalo itu sedang mimpi. dan arah mimpinya juga mulai berkembang. tahapan mimpi menurut pengalaman saya :

1. mimpi bisu , mimpi tapi tidak bisa bicara, cuma melihat, mendengar
2. mimpi bicara , mimpi anda sudah mulai komunikais ngobrol
3. mimpi dejavu , mimpi yg jadi nyata, biasanya diikuti dgn bangun tidur sudah sadar tapi sulit membuka mata spt ada yg menahan. istilahnya belum selaras. kadang juga sering mimpi perang, intinya berkelahi.

ditahap inilah latihan konsentrasi ,membaca mantra sebelum tidur menjadi penting. untuk membersihkan pikiran bawah sadar. ciri mantra yg dibaca sudah meresap. terdengar di alam mimpi.

4. jarang mimpi, mulai sering tidur tanpa bermimpi ( ini tanda bawah sadar sudah mulai bersih dari tekanan2 )
5. mimpi pengajaran , mimpi diberi pengajaran, dan ingat setelah bangun tidur
bisa di catat di kertas apa2 saja yg diajarkan.
6. mimpi diskusi , mimpi sudah berdiskusi dgn tokoh lain, menganalisa pendapat, berpikir spt saat terjaga. dan ketika bangun ingat apa hasil diskusi dlm mimpi. jelas.
7. mimpi perjalanan , mimpi pergi kemana menyelesaikan urusan, lalu pulang kembali ke kamar dan melihat tubuh kita masih tidur. biasanya capek setelah bangun.
8. mimpi biasa, tapi tiba2 dalam mimpi kita ingat. oh ini sedang mimpi. aku masih tidur.

di tahap ini . semakin dalam konsentrasi meditasi anda. maka kilasan past life akan terbuka. tidak serentak. mungkin yg paling kuat dulu pengaruhnya yg muncul.
karena tahapan ini, mulai tersambung dgn kesadaran ke delapan.

kesadaran ke 8 : kondisi terjaga, tidur tahu sedang tidur, pingsan tahu sedang pingsan, makan tahu sedang makan, lebih banyak terjaga kesadarannya dari pada terlena. disinilah akses ke gudang karma mulai terbuka .

gudang karma kita sendiri, isinya ya jejek rekam kehidupan masa lalu. yg baik2. juga yg jahat2. yg sudah sampe disini .

kalo kesadaran ke 8. saya belum sampe. baru kadang2 saja sampe kesadaran ke 7. kalo lagi baik . seringkali malah tidak sadar, banyak terlenanya.

bahaya ingat kilasan past life adalah kesadaran usia kita jadi tua. daya tarik kita akan kehidupan yg rutin jadi berkurang, terlihat membosankan. lha sudah ingat dulu pernah . dulu pernah. dan kita jadi sedih setelah tahu dulunya misal banyak membunuh dan kejam. jadi menyesal, kok dulu kejam sekali, haus darah. kadang juga tahu, kenapa memilih tubuh fisik yg begini. kadang juga terbuka kenapa punya penyakit bawaan. dan biasanya akan sembuh penyakit itu kalo kita sampe tahap kesadaran ke 7. obatnya biasanya kita juga tahu dgn sendirinya. biasanya juga mulai suka filsafat kehidupan, secara alamiah, life style masa lalunya ikut terbawa.

yg bikin aku curiga itu , kalo orang ngaku ingat past lifenya tapi cuma yg baik2 saja. ah dusta itu. maka hati2. jangan buru2 ingat past life. nanti kehidupan jadi membosankan bagi usia2 tua yg terperangkap dalam raga yg muda.

begitu pengalamanku, jangan di anggap penting. setiap orang harus membuktikan sendiri dan menjadi saksi bagi rekam jejaknya sendiri. sehingga sadar bahwa baik buruk itu ada resikonya. dan terbawa terus.

semoga menjadi sia sia pada waktunya. terima kasih.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun