Langsung ke konten utama

Ego itu penting.



amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi

# ke "aku" an / ego itu penting.

republik indonesia didirikan karena rasa ke " aku " an . bahwa " aku " bangsa indonesia mau merdeka , bukan selamanya budak. jadi kalo orang sudah mau menghilangkan ke "aku " an . jadilah pertapa atau jadilah budak.

kalo ada guru spiritual menyuruh anda membuang ego / ke aku an. hati2. jangan di turuti. nanti anda pasrah total dan akhirnya jadi hamba dia.
istilah jawa "sendiko dawuh , surgo neroko ndherek mawon "

yg tepat itu bukan menghilangkan ke AKU an / ego. tapi melatih agar ke AKU annya itu berkembang ke arah positif dan seimbang. misal anda disuruh bersumpah

" saya adalah hamba partai politik bintang tujuh , semua keputusan ketua partai bintang tujuh adalah kebenaran, urip mati ndherek bintang tujuh " itu sama saja anda memperbudak diri sendiri.

kalo rekening bank masih pakai nama pribadi nya. kepemilikan mobil masih pakai nama pribadi. ngomong bebas ke AKU an. itu omong kosong tingkat dewa. ego itu penting. jangan dibuang. kalo anda buang ego. maka anda akan di perbudak ego orang lain.

ini istriku . ini anakku. itu ego. baik utk tetap di pakai.

kalo lelaki yg sudah lepas " ego ". pasti bicara sama istrinya.

" engkau teman hidupku , tapi aku tidak memilikimu. engkau bebas bercinta dgn siapapun. tapi aku tetap mencintaimu. kalo engkau mau bercinta denganku. mari aku puaskan. tapi ketika aku meminta mu menemaniku bercinta dan kamu tidak mau, kamu boleh menolak, aku tetap bahagia "

lucu sekali. kalo benar ke aku annya sudah tipis. kalo beli mobil di atas namakan . yayasan sosial. kalo beli rumah diatasnamakan yayasan sosial. jadi cuma hak pakai.
kalo masih memperkaya diri sendiri , disimpan di rekening pribadi. ngomong bebas ke AKU an. haduh... berat.

kenyataan hidup harus pakai "aku " . nggak usah di hilangkan.

maka ada nasehat tetua jawa. jangan pilih pemimpin negara dari kaum pertapa budha. karena mereka itu suka mengalah dan polos batinnya , tidak mudah curiga. karena ke AKU annya tipis. maka kalo berunding soal negara bisa kalah. lebih baik pilih dari kaum visnu atau shiwa. sedikit kejam dan tegas kalo menegakkan kepentingan yg benar. maka negara bisa tetap eksis .

nggak usah dilepas ke AKu an. nanti kalo umur sudah 75 . baru dilepas. atau 21 hari sebelum mati. baru dilepas rasa keakuan. masuk samadhi. kalo di islam namanya " innalillahi wa inna ilaihi rojiun - saya berasal dari alam , kembali ke alam ". daun yg gugur sudah hukum alam. tidak ada yg perlu di tangisi.

bagi pengikut paham tanpa AKU / ego. kalo perlu , tidak usah punya kuburan. tidak usah diketahui dimana matinya. dibakar, abunya di sebar ke laut yg sepi. dan papan namanya tidak perlu di pajang di ruang keluarga. itu baru hebat. ( bagi yang mengatakan hebat )

tapi kenyataannya , pengikut / murit guru2 besar. masih menyimpan lukisan / foto / arca. sosok ke AKU an guru besarnya. maka sulit lepas dari ke AKU an. pasti harus pakai AKU , minimal nama dan rupa tetap di sandang.

tujuan orang berlatih spiritual salah satunya adalah mengenal diri sendiri . itu bertujuan seseorang agar bisa mengolah potensi diri / bakat dan menjadi percaya diri. kalo sudah percaya diri, maka tidak gampang percaya pada doktrin apapun sebelum dirinya menelitinya dan mengalami. itulah asal kata " percaya diri, bukan percaya tetangga , percaya warta berita ".

ke AKU an itu bisa hilang. pada saat tidur lelap tanpa mimpi dan pada saat kita tertawa lepas terbahak bahak. disana tidak ada ke AKU an. tapi cuma sementara. habis itu muncul kembali.

" manusia adalah hewan yang tertawa " - osho.
karena tidak ada orang yang bisa punya pikiran jahat saat sedang tertawa. tertawa membuat anda lepas sejenak dari segala doktrin dan pertengkaran. maka tertawa adalah salah satu pencapaian dalam evolusi mahluk hidup.

saya menunggu ada kabar tentang kerbau di ladang tertawa, tapi sampe saat ini. belum pernah saya jumpai kerbau bisa tertawa. semoga suatu saat kerbau2 di ladang / sawah bisa tertawa....

saya tutup dengan doa Mak Lampir ( dari serial misteri gunung berapi ) :
" jauhkanlah aku dari serangan cemeti amal rosuli dan pedang langit "

hahahaha.....

musim pancaroba.
tetap jaga kesehatan jiwa dan raga. terima kasih.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun