Langsung ke konten utama

kuliah marketing 3.0 dari youtube

Empu Marketing: Eyang Hermawan Kartajaya
beberapa hari terakhir ini saya belajar hal baru dari you tube. apa yang saya pelajari ?
dari banyaknya hiburan di youtube , kali ini saya tertarik dengan tokoh marketing indonesia . Hermawan Kartajaya . eyang hermawan kartajaya ini telah mendapat gelar Dr. Hc dari ITS pada 15 desember 2010. dan beliau ini sudah tergolong sebagai empu marketing dari Asia yang kondang di seluruh planet bumi.

dikehidupan nyata , orang seperti saya mana mungkin bisa mendengar beliau ceramah. namun di era tehnologi informasi ini . atas kebaikan seseorang yang mengunggah video ceramah eyang hermawan kartajaya . maka saya bisa menyimak berbagai pelajaran dan ilmu marketing dari tokoh kelahiran surabaya ini. you tube bisa menjadi alternatif kuliah singkat  tanpa terikat waktu.
apa yang saya pelajari ?

saya mendengarkan pemaparan Empu marketing ini ketika beliau  mendapat gelar Doktor Honoris Causia di kampus  ITS - surabaya. walopun video tersebut sudah satu tahun yang lalu tapi apa yang di sampaikan oleh beliau merupakan hal yang baru bagi saya. beliau memaparkan tentang marketing baru . yang di sebut era marketing 3.0 ( dibaca tiga titik nol )



apa itu marketing tiga titik nol ?
yaitu era dimana marketing mengalami perubahan , marketing di susun tidak sekedar menggunakan kecerdasan otak/ IQ  ( disebut satu titik nol ) yaitu produk bagus , tidak sekedar menggunakan kecerdasan emosi  / EQ ( disebut dua titik nol ) yaitu produk bagus dan kepuasan pelanggan, tapi sudah harus dipaksa masuk menggunkan kecerdasan spiritual / SQ ( disebut tiga titik nol ) yaitu kejujuran akan kualitas produk , kepedulian kepada konsumen dan produk yang bagus.

di era tiga titik nol. iklan sudah tidak lagi jaminan seseorang membeli produk . satu testimonial dari seorang teman facebook yang mengatakan produk x jelek dan membohongi konsumen .akan meruntuhkan kepercayaan semua orang yang membaca dan menghancurkan semua pencitraan produk dari  iklan yang mengahbiskan anggaran milyaran rupiah. pemasaran terbaik adalah bukan lagi merek yang bagus yang terkenal. tapi karakter . apa maksudnya karakter lebih penting dari sekedar pencitraan merek ?
contohnya: sudah banyak artis terkenal tapi akhirnya masuk penjara gara gara video porno. jadi karier yang dirintis puluhan tahun , nama terkenal , tidak ada artinya dan langsung hancur ketika karakter artist tersebut jatuh.

begitu pula dengan produk , sekali sebuah produk membohongi masyarakat , kepercayaan masyarakat akan hilang .  sekali sebuah perusahaan sekelas bank century , yang merintis usaha dengan segala pencintraan baik akhirnya ternyata membohongi masyarakat ,akhirnya hancur dalam sekejap karena karakter pimpinannya yang tidak terpercaya.

sebuah partai politik adalah sebuah perusahaan dengan produk jualannya janji janji politik. dan para pelaku bisnisnya adalah para politisi . para politisi ini menjual jasa bisnis kepercayaan. nyatanya ketika seorang politisi di dakwa korupsi dan terbukti . segala macam perbuatan baiknya dianggap hangus.

ketika sebuah partai politik ternyata membohongi rakyat , tinggal menunggu kehancurannya. mau pencintraan merek partai politik sebagus apapun , dengan strategi kepintaran IQ , dengan strategi kecerdasan emotional . tapi jika kehilangan kecerdasan Spiritual akan hancur.


apa itu kecerdasan spiritual ?
yaitu sikap jujur , terpercaya.  itu semua adalah karakter spiritual.  jujur , bisa dipercaya , bertanggung jawab terhadap tugas dan menyampaikan informasi dengan benar / tidak dimanipulasi adalah karakter nabi / tokoh spiritual. sayangnya , di dunia politisi dan dunia bisnis , sangat erat dengan manipulasi informasi. contohnya laporan pajak.

kedepan menurut eyang hermawan kartajaya , pada era tiga titik nol . perusahaan yang memiliki karakter jujur dan terpercaya lebih bagus dari pada sekedar pencitraan merek dagang atau  logo baru. itu semua berpulang kepada sumber daya manusia di belakang perusahaan tersebut.

di dalam dunia marketing yang sudah terkoneksi dengan internet , konsumen lebih cerdas. siapa saja yang tidak terkoneksi akan tertinggal di belakang. semua bisnis lama lama akan terkoneksi. youtube , facebook , twitter , blog akan merubah peta politik , akan merubah pola bisnis, akan merubah pola belajar . nyatanya. saya belajar sedikit wawasan marketing dari eyang hermawan kartajaya dari youtube. di kampus fakultas ekonomi  belum tentu saya dapat penjelasan yang sederhana dan jelas seperti ini.

saya sedang mencoba meresapi berbagi saran dari konsep marketing yang disampaikan oleh eyang hermawan kartajaya untuk saya terapkan di blog ini. siapa tahu akan menjadi lebih baik dan maksimal . sesuai konsep marketing bahwa blog saya harus berbeda dan unik di banding jutaan blog lain. blog saya harus memiliki karakter yang mencerminkan diri saya. dan blog saya akan memiliki jenis pembaca sesuai tulisan dan karakter saya di blog ini.

karena karakter saya adalah perpaduan antara seorang penggemar budaya jawa , seorang shaman , seorang pelayan toko batik dan seorang yang suka belajar .  maka blog ini jika anda telusuri dari awal sampai postingan terbaru akan berisi perpaduan dari kebudayaan jawa, nilai spiritual,  ilmu dagang dan pengembangan diri . yang di tulis dalam bahasa sederhana dan apa adanya.

inilah ciri khas blog @edypekalongan .
semoga kedepan blog ini menjadi sarana berlatih yang baik untuk berbagi.

saran eyang hermawan kartajaya ,saya lakoni . salah satunya hari ini saya datang ke galeri smartfren di kota pekalongan. untuk apa saya kesana ? syaa ingin memberitahukan testimoni saya tentang layanan internet smartfren yang telah saya tulis dua kali di blog ini.


Galeri Smartfren Kota Pekalongan

sayangnya galeri smartfren kota pekalongan tidak memiliki sistem costumer service seperti di telkom kota pekalongan. orang yang datang kesana hanya sekedar untuk urusan transaksi beli pulsa atau bayar tagihan. saya melihat tidak ada komunikasi 2 arah antara konsumen dan penyedia layanan. yang ada hanya transaksi keuangan yang di balut dengan sopan santun . itu hal yang umum .

bahkan komputer pegawainya belum terkoneksi internet . ini sungguh memprihatinkan. ketika saya puas dengan layanan mereka , malah karyawan smartfren yang mungkin saja dari pihak perusahaan rekanan yang dipekerjakan malah tidak mendapat kepuasan internet dari smartfren. dan untuk menunjukkan tulisan saya di blog ,saya memakai hp smartfren yang saya bawa.

karyawan outsoursing/ perusahaan rekanan memiliki beban yang berat , mereka bahkan tidak menanyakan blog saya apa ? apa yang telah di tulis ? dan mereka tidak ingin tahu lebih lanjut. ini maklum , karena karyawan yang di comot dari outsoursing tidak memiliki rasa kepemilikan terhadap perusahaan . dengan gaji yang  terbatas kita maklum mereka hanya berpikir berangkat kerja ,pulang dan gajian . urusan perusahaan mau hancur atau mundur ,mereka biasanya  i dont care. karena perusahaan tempat mereka bekerja juga tidak peduli 100 persen atau istilah jawanya " dimanusiakan sebagai karyawan , bukan hanya sebagai tenaga bala bantuan dari luar yang diberi baju  / merek perusahaan "


saya memahami itu dan saya mencari jalan keluar lain dengan membuka web smartfren. dan saya menuliskan pernyataan saya di bagian costumer care. judulnya costumer care , tapi nyatanya di bagian persoalan/ tema pertanyaan ,  tidak ada menu " saran , opini ,pendapat." yang ada hanya tentang complain atau hal tekhis penggunaan layanan.

namun saya tetap mengisi dengan lengkap semua data saya dan diakhir tulisan saya tuliskan. " email ini di balas silahkan . di cuekin juga silahkan." ternyata dalam waktu tidak berapa lama mesin otomatis menjawab , layanan sedang dalam perbaikan dan mohon maklum.

tapi beberapa jam setelah itu ada balasan dari costumer service yang menyatakan . usulan saya akan di sampaikan. apa mungkin ini karena di akhir tulisan saya menulis. " saya menulis ini karena terinspirasi setelah menyimak uraian hermawan kartajaya dari youtube tentang marketing 3.0 "


apapun itu . kuliah dari youtube yang disampaikan oleh eyang hermawan kartajaya memberi inspirasi baru bagi saya. untuk tidak cuma complain atas suatu produk yang kita pakai. tapi juga mari kita memuji produk bagus yang kita pakai.

saya telah melakukan itu . dan sebagai ungkapan penghargaan atas produk hp modem smartfren yang berpotensi menjadi alat bantu mengakses internet yang mudah dan terjangkau bagi para pelajar ,mahasiswa dan generasi muda. hp smartfren Xstre@m akan menjadi  pengganti  "blackberry " yang murah sehingga semua pelajar dan mahasiswa khususnya di pesisir jawa tengah bisa tetap online dan menjadi cerdas.

demikian uraian berguru kepada empu marketing, eyang  Hermawan Kartajaya. semoga ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Anonim mengatakan…
Thank's gan infonya !!!

peluang agen tiket

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun