Kamis, 19 Januari 2012

pencerahan dari Black Swan



saya akan berbagi isi sebuah buku yang telah saya pegang di tangan saya.

judul :
The Black Swan
the Impac of the highly improbable
Penulis : Nassim Nicholas Taleb
terbit 2007.

di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia:
The Black Swan
Rahasia Terjadinya Peristiwa Langka yang Tidak Terduga
penerbit . Gramedia - november 2009

kategori buku : perilaku masyarakat dan Bisnis

intisari buku :



Nassim Nicholas Taleb adalah seorang pialang saham di WallStreet ,New York dan Chicago ,amerika serikat. seorang pengamat sastra. bergelar MBA dari Wharton School dan bergelar Ph.D dari UNiversity Of Paris. sembari bekerja sebagai pialang ,dia menjadi dosen untuk mata kuliah teori probabilitas dan manjemen resiko di Courant Institute of Mathematical Sciences di New York University. kini menjabat sebagai Dean's Professor dalam bidang ilmu ilmu ketidakpastian di University of Massachussetts.

buku ini adalah sebuah buku yang cukup revolusioner . banyak contoh fakta kejadian nyata yang di tulis di dalam buku ini adalah hal hal yang di luar logika ilmu para pakar di segala bidang.
kesuksesan dalam sudut pandang buku ini adalah hal yang tidak bisa di generalisasikan. tidak semua orang bisa sukses dengan satu rumus . banyak rumus menjadi sukses bahkan lebih banyak lagi rumus sukses yang belum diketahui oleh para pakar .

semakin banyak buku yang anda baca ,semakin anda merasa tidak tahu apa apa. karena lebih banyak ilmu yang belum anda kuasai dan lebih banyak lagi ilmu yang belum dibukukan. sehingga orang orang yang disebut pakar atau tokoh senior adalah seseorang yang hanya menguasai pengetahuan sedikit lebih banyak di banding anda. hal hal yang tidak diketahui oleh para pakar sama banyaknya dengan yang tidak anda ketahui.

dia mencontohlkan karya seorang penulis bernama Yevgenia , yang di tolak semua penerbit , dianggap tidak komersial bahkan penulisnya sempat mengalami depresi . ketika di terbitkan oleh penerbit kecil , karya buku tersebut di kritik tidak akan terjual lebih dari 10 eksemplar . nyatanya buku tersebut menjadi best seller dan muka para kritikus buku menjadi malu semua karena telah meremehkan karya seorang penulis yang tidak terkenal . inilah teori black swan.
black swan adalah angsa hitam. jika semua orang biasa melihat angsa berwarna putih . maka di dalam pikirannya akan terbentuk kesimpulan ,semua angsa putih . ketika seseorang dari luar benua datang dan mengatakan ada angsa hitam , dia tidak percaya .

semua orang yang belum pernah melihat angsa hitam , tidak akan percaya dan mentertawakan orang yang berkata telah melihat angsa hitam . nyatanya angsa hitam memang ada. bahkan angsa merah juga ada.





jika anda membuka google dan mencari semua jenis spesies angsa ,anda akan menemukan banyak sekali jenis angsa dan warnanya. jadi pendapat bahwa angsa pasti berwarna putih adalah pendapat manusia bodoh yang kurang pemahaman.

tentang cerita angsa putih itu bisa di ganti dengan tren bisnis , mode, buku , politik , keuangan dll. di dunia ini selalu ada perkecualian .

jika dalam statistik ada standar eror , atau penyimpangan . entah itu 1 % atau 5 % . maka perkecualian yang 1 % tersebut tetap ada . tidak bisa di tutupi atau pura pura di hilangkan.

contoh kecil , untuk menjadi kaya di daerah saya , anda tidak perlu jadi pebisnis . cukup menjadi juru kunci makam ziarah , di sapuro pekalongan , jawa tengah .mulai tahun 2000 sampai sekarang anda akan mendapat pemasukan dalam setahun senilai ratusan juta rupiah. dan itu jabatan seumur hidup. tidak mengenal pensiun. kebetulan paman saya yang menjadi juru kunci makam ziarah sapuro , dan dia sampai dengan hari ini per tahun mendapat penghasilan ratusan juta rupiah , dalam musim ramai ziarah selama2 bulan , tingkat kunjungan satu hari 50 bus . satu bus 50 orang . 50 x 50 = 2500 orang , satu orang menyumbang seribu rupiah untuk masuk ke ruangan makam . maka 2500 x 1000 = 2, 5 juta per hari . dan banyak orang menyumbang di atas seribu rupiah per orang. kadang satu hari dia mendapat penghasilan 2 juta. dalam sebulan dia mendapat penghasilan 60 juta .

contoh lain , ki joko bodho ,seorang paranormal , nilai kekayaannya mungkin melebihi seorang eksekutif di perusahaan top. contoh paman saya dan ki joko bodho adalah black swan. bahwa menjadi kaya tidak harus memakai jalan bekerja secara umum.

JK. Rowling dengan harry potter nya adalah seorang black swan. hanya dengan menulis cerita
dia menjadi kaya raya .

pendidikan , universitas bukan cara menjadi kaya dan sukses.
malah sebaliknya , pendidikan , universitas akan menyita kekayaan anda. karena setelah lulus universitas , berapa persen ilmu yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan nyata yang bisa berguna bagi hidupmu ?

mahatma ghandi adalah seorang tokoh black swan , dia tidak memakai senjata untuk mengalahkan penjajah . dia lelaki yang kurus ,kecil tapi mampu menggerakkan jutaan orang india menjadi pengikutnya , tanpa kekerasan.

untuk membuat orang aceh dengan gerakan aceh merdeka malu dan kalah , cukup Tsunami di Aceh , sudah membuat perekonomian orang aceh lumpuh.dan nyatanya yang membantu rakyat aceh bukan geraklan aceh merdeka. dimana gerakan aceh merdeka ,apa mereka jadi sukarelwan Tsunami ? omong kosong . relawan dari seluruh dunia datang ke aceh . bahkan dari amerika serikat datang membawa kapal perang nya yang berisi rumah sakit terapung.

kemana arab saudi ? kemana iran ? kemana mesir ? kemana taliban ? yang katanya pembela islam, ketika rakyat aceh yang muslim terpuruk ,malah orang kafir yang membantu . kita harusnya malu .




ketika negara kita kocar kacir ada bencana , lihatlah sukarelawan mana yang bertindak ? rakyat indonesia , orang kecil ,anak sekolahan dan orang orang yang tidak di kenal adalah para donatur utama yang menyumbang korban bencana. bukan partai bukan DPR. ini adalah Black Swan .

ketika krisis ekonomi terjadi di indonesia tahun 1997 . sektor perekonomian yang menggerakkan ekonomi negara adalah pedagang kaki lima dan usaha kecil . tapi saat ekonomi stabil , yang sering di gusur adalah pedagang kaki lima dan usaha kecil .

ketika para pengusaha besar dan bank bank yang dibanggakan runtuh dimasa krisis, koperasi simpan pinjam tetap berdiri , bank syariah tetap berdiri. sistem gotong royong ,memasak dapur umum untuk 5 keluarga . makan nasi aking , makan singkong . rakyat kita bertahan. pejabat kita hanya dimanjakan dengan gaji buta.

kesuburan tanah indonesia ,menjadi black swan yang menopang daya tahan rakyat menghadapi krisis. buka mata dan saksikan ketika krisis melanda , mana yang bertahan . banyak hal hal yang di luar dugaan terjadi.

buku black swan mengajak kita agar mencari jalan sendiri , jangan mudah percaya pada opini media dan para pakar. dan bertindaklah tanpa takut gagal.

diantara semua pejabat indonesia yang hobi korupsi , pasti ada black swan yaitu pejabat yang jujur dan berprestasi. kita tunggu saja black swan tersebut.

satu hal yang di tekankan di buku ini , jangan percaya ramalan . orang orang yang membuat ramalan tahun lalu dan tidak tepat . namun anda tetap mempercayai ramalan mereka untuk tahun berikutnya . dengan begitu anda menjadi bodoh. para peramal ekonomi sama tidak tahunya dengan kita. anehnya kita mau membayar mereka untuk nasehatnya.



percayalah kepada pengalaman pribadi anda sendiri , jika anda telah membuktikannya , maka percayai itu sebagai pengetahuan anda. namun jika baru tahapan teori dan katanya pakar , apalagi pakar yang anda tidak kenal , anda tidak tahu apa pakar tersebut berdusta kepada anak istrinya . apakah pakar itu selalu membayar hutang hutangnya. anda boleh percaya kepada orang yang menepati janji . tapi jangan percaya apapun yang dikatakan oleh orang yang anda belum pernah mengetahui karakteranya secara langsung.

banyak hal hal yang disebut kebetulan . kebetulan ini sesungguhnya ada teorinya . dan ada susunan kejadiannya . dan ilmu ketidakpastian di ajarkan oleh penulis buku ini.
hal hal yang bisa membongkar tatanan pendapat umum dan berhasil menjadi juara adalah black swan. di setiap jaman akan muncul balck swan , siapa tahu anda adalah black swan .

buku ini berat, penuh dengan referensi buku filsafat , info bisnis bahkan nama tokoh tokoh yang belum pernah saya dengar sebelumnya yang ternyata berpengaruh di dunia.

ini buku bagus untuk para dosen dan orang orang yang mengajar . biar para pengajar tidak menjadi besar kepala , karena " saya tidak tahu " adalah lebih luas dari pada " saya tahu" .

di dunia ini lebih banyak hal belum di catat . dari semua yang sudah di catat , hanya sedikit yang pernah kita baca dan pelajari .jadi belum tentu seorang pakar lebih tahu dari pada anda.
semoga uraian ini ada manfaatnya ,

salam,
edy pekalongan.

Tidak ada komentar: