Langsung ke konten utama

A Whole New Mind




judul buku :
A Whole New Mind
karya : Daniel H. Pink
di terbitkan , riverheadbook .new york 2006.

di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia oleh :
penerbit : Think , jogja.

Misteri Otak Kanan Manusia
cetakan pertama , April 2007.


Daniel H. Pink adalah mantan penulis naskah Pidato di Gedung Putih, yang cukup berpengaruh bagi mantan wakil presiden Amerika Serikat Al Gore. Al Gore sendiri mengkampanyekan tentang Pengaruh Global Warming ke seluruh penjuru dunia . saya sempat melihat DVD dari film dokumenter yang dibuat oleh Al Gore di tahun 2007. berjudul " An Inconvenient Truth "

buku Daniel H pink ini bercerita tentang perubahan jaman dari era informasi menuju era konseptual.

di era konseptual sejak tahun 2000-an , banyak pekerjaan kerah putih di amerika serikat yang dikerjakan oleh para sarjana tehnik ,ekonomi , hukum, kedokteran di amerika berpindah tangan di kerjakan oleh para sarjana di india dan china dengan alasan perusahaan : standar yang sama namun dengan gaji yang lebih rendah. ini membuat perusahaan lebih untung.

semua pekerjaan manusia yang bisa di kerjakan oleh mesin akan membuat pekerjaan tersebut lenyap. buku ini sungguh sangat menarik . membuka wawasan .
ini bukan sekedar buku yang berbicara tentang bisnis dan ekonomi tapi juga psikologi dan kebudayaan.
fakta menyejutkan di sebutkan dalam buku ini , bahwa untuk menjadi kaya tidak harus menjadi pengusaha , seorang pemain sepak bola juga bisa menjadi milyuner . seorang penyanyi / aktor bisa menjadi kaya raya melebihi seorang dokter atau pilot.
di era konseptual , ada 6 kecerdasan yang harus dipelajari oleh siapa saja agar bisa bertahan yaitu :

1. Disain

saat ini orang tidak lagi membeli produk elektronik untuk fungsi , orang membeli produk yang fungsional dan juga memiliki disain yang bagus. lihatlah dimana mana disain di sertakan dalam semua produk. keindahan harus di sertakan disemua sisi.
bagi produsen elektronik terkenal SONY , disainlah yang membedakan mereka dengan para pesaingnya. disetiap akhir bab tentang kecerdasan dari enam kecerdasan di sertakan referensi yang menarik untuk di kunjungi di internet .
contoh salah satu majalah yang bagus untuk di pelajari tentang disainnya adalah O magazine dan Real magazine.

2. Cerita

kecerdasan bercerita termasuk menulis cerita baik itu seperti kisah harry potter atau naskah film bahkan menulis lagu adalah sebuah bakat yang sangat di hargai di era konseptual dan banyak orang menjadi kaya raya dari mendisain .

3. simfoni

adalah menyelaraskan banyak hal menjadi harmonis. disinilah para " penyebrang batasan" mendapat tempat istimewa. apa itu "penyebrang batasan " ? adalah orang orang yang mengerjakansesuatu melampaui kebiasaan orang lain.
misalkan seorang rohaniawan di gereja juga seorang koki dan juga seorang perancang pesawat terbang. atau seorang ahli matematika dan juga seorang pemain piano handal dan seorang konsultan psikologi . dalam simfoni , unsur memandang sesuatu secara keseluruhan . dalam dunia medis , penyembuhan holistik adalah salah satu unsur kecerdasan simfoni .

4. empati
bagaimana seni memperhatikan orang lain adalah sesuatu yang mendapat nilai tinggi di era konseptual . bahkan di beberapa fakultas kedokteran di amerika , kuliah wajib para calon medical dokter adalah seni mendengarkan pasien melalui kuliah drama dan menulis cerita.


5. permainan
permaianan game adalah salah satu industri yang menyumbang pendapatan jutaan dolar bagi jepang . lihatlah game ada di ponsel anda sampai komputer . humor juga adalah sisi dari permainan yang menyenangkan. tujuan sebuah permainan adalah membuat orang merasa asik dan puas.
pemain sepak bola , pembalap formula 1 , kontest menyanyi american idol , semua adalah sebuah permainan. contoh nyata : industri yang berkembang dari permainan sepak bola di eropa menghasilkan jutaan euro setiap tahun.
ini adalah salah satu kecerdasan yang mendapat nilai tinggi di era konseptual

6. Makna
makna adalah salah satu kecerdasan yang mendapat tempat di era konseptual. dimana mana orang rela membayar untuk megikuti seminar dan pelatihan yang membawa makna bagi mereka . mulai dari training motivasi sampai tender membuat logo sebuah perusahaan.
ataupun kampanye politik dan iklan produk yang disampaikan kepada konsumen, ini semua mengkomunikasikan makna hidup bagi orang lain.
spiritualitas adalah salah satu hal yang dicari dan memiliki nilai di era konseptual , karena spiritualitas memberikan nilai nilai kehidupan /makna bagi orang lain. siapapun yang bisa membuat sesuatu menjadi bermakna bagi orang lain , maka dia akan suskses di era konseptual.
itulah intisari dari buku " A whole New Mind " yang jika anda mau membacanya sendiri , banyak hal akan anda peroleh . hanya saja setting buku ini berbicara kepada pembacanya yang khususnya masyarakat amerika dan eropa . yang sudah memiliki wawasan cukup luas dengan referensi buku dan internet . sehingga bagi anda yang tidak pernah mengikuti berita perkembangan budaya popular yang ada di amerika dan eropa akan sedikit kesulitan memahami contoh contoh riil yang disajikan di buku ini.

semoga uraian ini ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k