Langsung ke konten utama

A Whole New Mind




judul buku :
A Whole New Mind
karya : Daniel H. Pink
di terbitkan , riverheadbook .new york 2006.

di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia oleh :
penerbit : Think , jogja.

Misteri Otak Kanan Manusia
cetakan pertama , April 2007.


Daniel H. Pink adalah mantan penulis naskah Pidato di Gedung Putih, yang cukup berpengaruh bagi mantan wakil presiden Amerika Serikat Al Gore. Al Gore sendiri mengkampanyekan tentang Pengaruh Global Warming ke seluruh penjuru dunia . saya sempat melihat DVD dari film dokumenter yang dibuat oleh Al Gore di tahun 2007. berjudul " An Inconvenient Truth "

buku Daniel H pink ini bercerita tentang perubahan jaman dari era informasi menuju era konseptual.

di era konseptual sejak tahun 2000-an , banyak pekerjaan kerah putih di amerika serikat yang dikerjakan oleh para sarjana tehnik ,ekonomi , hukum, kedokteran di amerika berpindah tangan di kerjakan oleh para sarjana di india dan china dengan alasan perusahaan : standar yang sama namun dengan gaji yang lebih rendah. ini membuat perusahaan lebih untung.

semua pekerjaan manusia yang bisa di kerjakan oleh mesin akan membuat pekerjaan tersebut lenyap. buku ini sungguh sangat menarik . membuka wawasan .
ini bukan sekedar buku yang berbicara tentang bisnis dan ekonomi tapi juga psikologi dan kebudayaan.
fakta menyejutkan di sebutkan dalam buku ini , bahwa untuk menjadi kaya tidak harus menjadi pengusaha , seorang pemain sepak bola juga bisa menjadi milyuner . seorang penyanyi / aktor bisa menjadi kaya raya melebihi seorang dokter atau pilot.
di era konseptual , ada 6 kecerdasan yang harus dipelajari oleh siapa saja agar bisa bertahan yaitu :

1. Disain

saat ini orang tidak lagi membeli produk elektronik untuk fungsi , orang membeli produk yang fungsional dan juga memiliki disain yang bagus. lihatlah dimana mana disain di sertakan dalam semua produk. keindahan harus di sertakan disemua sisi.
bagi produsen elektronik terkenal SONY , disainlah yang membedakan mereka dengan para pesaingnya. disetiap akhir bab tentang kecerdasan dari enam kecerdasan di sertakan referensi yang menarik untuk di kunjungi di internet .
contoh salah satu majalah yang bagus untuk di pelajari tentang disainnya adalah O magazine dan Real magazine.

2. Cerita

kecerdasan bercerita termasuk menulis cerita baik itu seperti kisah harry potter atau naskah film bahkan menulis lagu adalah sebuah bakat yang sangat di hargai di era konseptual dan banyak orang menjadi kaya raya dari mendisain .

3. simfoni

adalah menyelaraskan banyak hal menjadi harmonis. disinilah para " penyebrang batasan" mendapat tempat istimewa. apa itu "penyebrang batasan " ? adalah orang orang yang mengerjakansesuatu melampaui kebiasaan orang lain.
misalkan seorang rohaniawan di gereja juga seorang koki dan juga seorang perancang pesawat terbang. atau seorang ahli matematika dan juga seorang pemain piano handal dan seorang konsultan psikologi . dalam simfoni , unsur memandang sesuatu secara keseluruhan . dalam dunia medis , penyembuhan holistik adalah salah satu unsur kecerdasan simfoni .

4. empati
bagaimana seni memperhatikan orang lain adalah sesuatu yang mendapat nilai tinggi di era konseptual . bahkan di beberapa fakultas kedokteran di amerika , kuliah wajib para calon medical dokter adalah seni mendengarkan pasien melalui kuliah drama dan menulis cerita.


5. permainan
permaianan game adalah salah satu industri yang menyumbang pendapatan jutaan dolar bagi jepang . lihatlah game ada di ponsel anda sampai komputer . humor juga adalah sisi dari permainan yang menyenangkan. tujuan sebuah permainan adalah membuat orang merasa asik dan puas.
pemain sepak bola , pembalap formula 1 , kontest menyanyi american idol , semua adalah sebuah permainan. contoh nyata : industri yang berkembang dari permainan sepak bola di eropa menghasilkan jutaan euro setiap tahun.
ini adalah salah satu kecerdasan yang mendapat nilai tinggi di era konseptual

6. Makna
makna adalah salah satu kecerdasan yang mendapat tempat di era konseptual. dimana mana orang rela membayar untuk megikuti seminar dan pelatihan yang membawa makna bagi mereka . mulai dari training motivasi sampai tender membuat logo sebuah perusahaan.
ataupun kampanye politik dan iklan produk yang disampaikan kepada konsumen, ini semua mengkomunikasikan makna hidup bagi orang lain.
spiritualitas adalah salah satu hal yang dicari dan memiliki nilai di era konseptual , karena spiritualitas memberikan nilai nilai kehidupan /makna bagi orang lain. siapapun yang bisa membuat sesuatu menjadi bermakna bagi orang lain , maka dia akan suskses di era konseptual.
itulah intisari dari buku " A whole New Mind " yang jika anda mau membacanya sendiri , banyak hal akan anda peroleh . hanya saja setting buku ini berbicara kepada pembacanya yang khususnya masyarakat amerika dan eropa . yang sudah memiliki wawasan cukup luas dengan referensi buku dan internet . sehingga bagi anda yang tidak pernah mengikuti berita perkembangan budaya popular yang ada di amerika dan eropa akan sedikit kesulitan memahami contoh contoh riil yang disajikan di buku ini.

semoga uraian ini ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun