Langsung ke konten utama

Jalan Menuju Pembebasan


( foto : Dalai Lama 14 bersama mantan presiden amerika George Bush Junior di White House )


intisari buku :
the way to freedom

penulis : Yang Mulia Dalai Lama 14.
terbit 1994.

di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia oleh
penerbit karaniya bandung - tahun 2008
dengan Judul:

The Way To Freedom
jalan menuju pembebasan

kategori : buku spiritual / Budha Tibet

intisari buku :

buku ini bercerita tentang ajaran budha tibet dan praktik budha tibet, ditulis oleh pemimpin spiritual Tibet saat ini Yang Mulia Dalai Lama ke 14 atau Tenzin Gyatso.

Buku ini berisi , pengajaran tertulis dari Dalai Lama 14 tentang :

1. Ajaran Budha
2. Guru yang mengajarkan ajaran Budha
3. Kesempatan bertemu ajaran budha
4. kematian dari sudut pandang ajaran budha tibet
5. kelahiran kembali
6. perlindungan
7. Karma
dan lain lain

pada intinya beliau mengajak kita untuk memurnikan pikiran , perkataan dan perbuatan kita. dimurnikan dari apa ? dimurnikan dari kekotoran batin. sehingga jika pikiran ,perkataan dan perbuatan kita menjadi murni . kita akan mengalami pandangan yang terang akan hidup. orang yang bisa melihat kebenaran dalam hidup , dalam menjalani hidup dia akan menjadi seseorang yang tidak mudah di bingungkan oleh keadaan . inilah pesan untuk mencapai kemerdekaan jiwa.

istilah pembebasan adalah kemerdekaan batin dari kebodohan , keserakahan ,kebencian. buku ini cocok di baca oleh siapa saja yang tertarik mengkaji ajaran budha tibet ,dan diajarkan langsung oleh orang yang kompeten dan menjalani ajaran budha seumur hidupnya.

banyak mahasiswa yang belajar filsafat dan perbandingan agama , tidak mempelajari sumber ajaran agama dari praktisinya atau dari buku yang ditulis oleh praktsisi ajaran tersebut tapi hanya teori dari pakar yang pandai studi literatur dan tidak mempraktikkan ajaran. ini sebuah kerugian besar dan membuang waktu . sama saja anda mau mempelajari mata air gunung tapi anda membeli air mineral dari kemasan yang di beri merek mata air gunung.

buku ini seperti panduan jalan menuju menuju sumber mat air. menyusurinya anda akan puas dan menemukan sumber mata air bukan sekedar air mineral dalam kemasan.

bagi anda yang berpikiran kolot dan hanya punya keyakinan yang membuta . sebaiknya jangan membaca buku ini . percuma saja.




karena di dalam buku ini di katakan , orang yang tidak pernah berjodoh dengan ajaran budha , seumur hidupnya tidak akan berjumpa ajaran budha. bahkan jika dia berdekatan dengan buku ajaran budha di toko buku , matanya tidak sempat melirik atau melihat buku tersebut.

manusia yang tertarik belajar spiritual adalah langka di dunia ini , apalagi manusia yang belajar dan bertemu ajaran spiritual , itu lebih langka . lebih sulit lagi di capai dalam hidup adalah ketika manusia bisa bertemu ajaran spiritual dan berjumpa guru hidup yang mengajarkan .

berlatih spiritual adalah tentang latihan mengolah batin kita.
banyak orang menyalah artikan spiritual dan supranatural.
spiritual adalah pelajaran rohani atau pelajaran mengolah batin.
supranatural adalah kemampuan melebihi kewajaran manusia umumnya.
agama adalah pelajaran spiritual yang dipenuhi aturan aturan baku yang di organisasikan demi kepentingan kelompok manusia.

hukum alam tidak bisa berubah. contoh hukum api adalah panas dan membakar. hukum gravitasi bumi ,benda dari atas jatuh ke bawah . siapa makan perut menjadi kenyang . es rasanya dingin. itu hukum alam sebuah kenyataan. percaya tidak percaya tetap berjalan , jika di langgar anda bisa celaka.

contoh anda membakar diri dengan masuk ke dalam oven raksasa. walopun anda orang beriman kepada tuhan , pasti terbakar.

jika anda tidak bernafas anda akan mati . itu hukum alam. anda boleh tidak percaya tuhan , anda boleh tidak punya agama , itu tetap bisa membuat anda hidup.

tapi jika anda tidak percaya kepada angin , oksigen dan bernafas . cobalah tidak bernafas selama 1 jam . tutup semua lobang di tubuh anda. anda pasti mati. itulah yang disebut ilmu kenyataan hidup. menjadi tua dan mati adalah kenyataan hidup.

dalam ajaran budha , hukum alam itu disebut bagian dari dharma. karena dharma mencakup alam semesta , hukum alam semesta , memahami hukum alam , hidup selaras dengan hukum alam.

salah satu hukum alam adalah hukum sebab akibat. siapa berbuat dia akan menuai hasil.

sedangkan aturan manusia meliputi hukum pajak , hukum agama , hukum negara . itu semua adalah produk buatan manusia.

hukum di arab saudi , tidak wajib di taati oleh orang di indonesia. dan tanpa hukum yang di terapkan di arab saudi , orang indonesia baik baik saja. artinya hukum sebuah negara , di ciptakan manusia . itu tidak berdampak jika dilanggar di luar batas wilayah negara tersebut. hukum manusia bisa di rubah rubah sepanjang jaman.

hukum api membakar, sejak sejuta tahun lalu sampai saat ini sama. tidak berubah. dengan memahami hukum2 ini , anda bisa mencapai pembebasan.

dan pembebasan dari belenggu kelahiran kembali adalah pesan utama dalam buku ini.

semoga ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun