Rabu, 18 Januari 2012

Kombinasi Psikologi & Meditasi

ditemani resep musik pribadi , saya mengetik tulisan ini. musik membawa saya berkonsentrasi lebih cepat. diawali lagu latin dari il Divo , disambung suara Michael Buble , diteruskan suara Pill Perry. buku yang sudah saya pegang dari salah satu rak buku saya saat ini adalah tentang psikologi, selamat menyimak intisarinya .




judul Buku : The Massanger Within
Penulis : Soraya Susan Behbehani
terbit di California tahun 1999
kategori buku : Psikologi dan kesehatan alternatif

di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia
dengan judul :

Fit From Within
Sehat dan Smart tanpa Obat
penerbit : Serambi 2007

intisari Buku :


( Foto : Soraya Susan Behbehani )

Soraya Susan Behbehani adalah seorang wanita dengan gelar Master dalam bidang Psikologi , Seorang ahli terapi keluarga , Pakar Manajemen Stres dan Pengajar meditasi Sufi , tinggal di San Diego , California , Amerika Serikat.

beliau ini menuturkan dalam bukunya tentang pengaruh meditasi bagi kesehatan , beliau juga menjelaskan tentang apa itu psikologi ? dan kenapa psikologi yang merupakan cabang dari sebuah ilmu lalu kembali di pisah pisah lagi menjadi berbagai jurusan psikologi yang lebih khusus. sehingga psikologi sendiri kehilangan pandangan holistiknya atas manusia.

psikologi bagi Susan yang memang dunianya , dianggap belum sempurna tanpa menyertakan unsur unsur ilmu di luar psikologi . bagi susan praktik psikologi dan dunia kedokteran serta spiritual adalah satu hal yang mutlak harus di kombinasikan.

seorang dokter mengobati raga pasien yang sakit , seorang psikolog mengobati pikiran dan perasaan ( mental ) pasien yang tidak seimbang dan seorang rohaniawan /spiritualist mengobati bagian dari jiwa pasien yang membutuhkan pertolongan.

bagi susan , di rumah sakit saat ini hanyalah sarana pengobatan setingkat raga saja , padahal lapisan tubuh manusia tidak hanya raga , ini di buktikan dengan temuan temuan baru di dunia ilmu pengetahuan , seperti medan listrik dan foto aura . serta sinyal sinyal listrik yang di pancarkan oleh setiap organ tubuh manusia.

medan aura , belum menjadi kajian dalam pendidikan psikologi dan kedokteran medis. Susan menggambarkan kondisi masyarakat yang menderita secara mental di tandai dengan tingkat konsumsi obat tidur yang melonjak tinggi di amerika serikat.

untuk apa obat tidur ? orang yang sudah bekerja seharian , lelah tapi tidak bisa tidur ? ini adalah tanda stres. bahkan stres dalam kondisi tertentu bisa menjelma menjadi penyakit yang disebut dalam kategori psikosomatis. apa itu psikosomatis ? masalah pikiran dan perasaan yang tidak seimbang sehingga mempengaruhi kerja tubuh / raga manusia sehingga timbul gangguan kesehatan . contoh nya adalah migrain , tekanan darah tinggi , jantung , masalah kulit , maag , insomnia.

disebutkan dalam buku ini bahwa tingkat konsumsi obat obat psikotropik meningkat , yaitu obat obatan yang berfungsi mengobati tegang syaraf alias yang bisa menimbulkan efek tenang atau dalam bahasa medis di sebut obat penenang dan dalam dunia kejahatan , obat penenang adalah narkoba sebagai komoditas yang menguntungkan.

itu semua karena masalah tegang syaraf dan ketidakseimbangan energi dalam diri manusia. dan terapi relaksasi juga meditasi mampu membantu mengatasi masalah ini. meditasi inilah yang menjadi salah satu bidang yang di tekuni oleh susan ,dan dia mengajarkan kursus meditasi untuk kesehatan lahir batin.

Tautan ( Foto : aktivis perdamaian , anti perang dan anti kekerasan
berunjuk rasa. di Los angles, dengan meditasi di pinggir jalan.
pada 28 oktober 2011. sumber disini )


orang orang yang terlalu banyak stres , bisa bertindak melukai dirinya sendiri atau melukai orang lain . perang tanpa sebab yang jelas seperti yang di lancarkan pemerintahan amerika terhadap negara negara di timur tengah adalah bentuk depresi berat yang dialami para pemimpin dan rakyat negara tersebut . orang yang sehat lahir batin ,cenderung bahagia dan damai , tidak suka berkonflik apalagi menyulut perang.

jika di amerika ada susan , di indonesia ada pengajar meditasi kesehatan di bali bernama Bapak Merta Ada, yang sudah tidak asing .

ada pula Prof. Ni Luh Suryani , beliau salah satu tokoh yang sangat menginspirasi saya . foto beliau yang saya pigura telah saya simpan sejak tahun 2009 berdampingan dengan foto Guru Prana , Master Choa Kok Sui dan Guru Zen , Master Sheng Yen . Ibu Suryani , seorang guru besar psikiatri Universitas Udayana - Bali. beliau mengajarkan meditasi untuk berbagai keperluan .mirip seperti susan . bahkan Ibu Suryani sudah menulis buku buku tentang meditasi , salah satunya berjudul meditasi lilin .


secara garis besar Susan mengajak ilmu psikologi tidak berhenti pada tataran mental tapi lebih jauh mempelajari energi , termasuk fisika dan tehnologi serta pengetahuan spiritual yang menjadi kebijaksanaan dari dunia timur yang telah bertahan selama berabad abad.
dengan adanya ilmu Hipnosis dan temuan tentang Past Life , akan membuat semakin berkembang ilmu psikologi yang tidak bisa di pisahkan dari ilmu ilmu yang lain

.
( Foto : saya mengajar meditasi relaksasi di tahun 2010,
laporannya bisa di baca disini )

tips tips tentang relaksasi juga di ajarkan dalam buku ini , buku ini akan menjadi bacaan yang menyegarkan bagi para dosen psikologi , praktisi psikologi dan mahasiswa psikologi. saya tidak termasuk dalam golongan psikologi tapi saya menikmati membaca buku ini sejak berada di tangan saya akhir tahun 2008.

semoga uraian ini , ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Tidak ada komentar: