Jumat, 27 Januari 2012

Keheningan ala Vijay Eswaran

Vijay Eswaran
Buku berjudul :
dalam dunia keheningan
di terbitkan tahun 2007.

Vijay eswaran adalah seorang pengusaha kaya raya , dari malaysia . keturunan india. keluarganya di kenal sebagai keluarga filantropis atau orang yang gemar melakukan kegiatan sosial.

pada juni 2011 , Vijay masuk dalam daftar tokoh 48 tokoh filantropis Asia menurut Majalah Forbes Asia. beliau ini memiliki banyak perusahaan , tapi juga memliki anak perusahaan yang khusus mengurusi urusan kegiatan sosial dan amal.

dalam buku ini terasa sekali ajaran vedanta sangat di kuasai oleh vijay . salah satu tokoh besar india abad 20 . ahli yoga dan spiritualist besar dunia yaitu Vivekananda, kata katanya dikutip sebagai pembuka bukunya.



Swami Vivekananda

Dunia ini bukan untuk para pengecut
Tinggalah di tengah tengah pergulatan hidup. Setiap orang bisa tetap merasa tenang saat berada di dalam gua atau ketika tertidur. berdirilah di dalam kerumunan dan kegilaan untuk berkarya serta gapailah intinya. jika kau telah mencapai intinya, kau takkan dapat dipindahkan dari sana.
 ( Vivekananda )

komentar Gus Dur juga ada di dalam sampul buku ini , komentar Stepen R . Covey juga ada di sampul buku ini. vijay eswaran menuliskan dalam bahasa sederhana tentang tahapan tahapan memasuki dunia keheningan untuk sarana merenung tentang kehidupan yang telah kita jalani . keheningan adalah sebuah seni untuk bisa menenangkan pikiran dan menjadi lebih fokus dalam mengevaluasi diri dan menjalankan kewajiban hidup.

buku ini mirip sejenis  buku kontemplasi atau perenungan batin.  sangat baik di baca oleh siapa saja yang sudah terpanggil untuk masuk lebih dalam menyelidiki tentang diri sendiri . siapa saya ini ?
kitab suci tertua di katakan oleh vijay eswaran adalah tubuh kita sendiri , dengan memahami makna dan fungsi organ organ tubuh kita , manusia bisa mendapatkan banyak pelajaran yang berharga.
buku ini untuk para pemimpin besar . untuk orang orang kaya raya . untuk para pengajar . untuk para penasehat . dan buku ini cocok dibaca oleh siapa saja yang suka dengan seni meditasi dan mengolah batin.
dikatakan di dalam hal 56 .

pertumbuhan di mulai ketika kita mulai mengakui dan menerima kelemahan kelemahan diri kita. namun disini kuncinya adalah penerimaan bukan sekedar pengakuan. dalam penerimaan, bedanya adalah kita juga memiliki kesadaran, yang diikuti dengan rasa sesal. begitu anda telah mengecek diri anda sendiri setiap harinya, anda akan menyadari janji janji yang telah anda langgar sendiri.

dikatakan lebih lanjut bahwa
jika anda tidak menaruh hormat terhadap janji anda, bagaimana mungkin anda mengharapkan orang lain menghormati janji mereka sendiri. jika anda tidak menghormati janji anda sendiri, hal itu pertama tama menyebabkan kebohongan pada diri sendiri dan pada gilirannya kebohongan terhadap orang lain.



buku ini adalah salah satu buku yang saya sayangi ,karena berisi hal hal yang mudah dipahami sekaligus pedoman hidup yang luar biasa yang disampaikan oleh orang yang sudah tidak kadonyan alias tidak kekurangan uang , tidak lagi mengejar kekayaan dan ketenaran. semua kemewahan dunia sudah dimiliki oleh vijay , dan orang seperti ini ternyata sangat spiritual dalam menjalani hidupnya. tulisan vijay adalah renungan berharga bagi siapa saja yang ingin menjadi kaya tanpa kehilangan sikap spiritual. semoga uraian ini ada manfaatnya.



salam,
edy pekalongan

Tidak ada komentar: