Langsung ke konten utama

Menyimak Buku Diddi Agephe



pada kesempatan ini , saya ingin menuliskan intisari buku yang telah saya baca dan berbagi makna didalamnya untuk anda.

judul :
The Power Of Sound
karya : Diddi Agephe

penerbit : Gramedia
cetakan tahun 2010
kategori buku : musik dan latihan spiritual

intisari buku :

buku ini berbicara tentang musik dari sudut pandang yang berbeda. musik bukan saja sebagai hiburan tapi musik sebagai terapi dan juga ekpresi spiritual seseorang. penulisnya membahas tentang pandangan dan latihan spiritual yang mempengaruhi dia dalam karya karyanya.

suara adalah getaran yang mampu mempengaruhi pikiran , musik musik tertentu memancarkan getaran yang bisa di pakai manusia untuk berbagai keperluan.

penulisnya mengajak kita untuk memasuki wilayah hati nurani yang memancarkan kedamaian. tentang kesuksesan yang dikaitkan dengan pola pikir , pola rasa dan pola bertindak di bahas dalam salah satu bab buku ini. dikatakan bahwa jika terjadi keselarasan antara pola pikir , pola rasa dan pola tindakan maka yang tercipta adalah hasil yang maksimal dalam mewujudkan cita cita.

jika anda berbicara dari pikiran maka hanya akan sampai pada pikiran orang yang mendengarnya. jika anda berbicara dengan hati maka akan sampai di hati para pendengarnya, jika anda berbicara hanya dengan mulut tanpa pikiran dan perasaan hanya sebuah bunga bunga kata dari lidah ,maka hanya akan sampai di telinga dan berlalu dengan cepat.

jika dulu saya membaca sebuah buku berjudul " Mozart Efect " yang menyelidiki pengaruh bunyi terhadap manusia dari segi kesehatan dan kecerdasan emosi termasuk untuk therapi. maka buku ini adalah mozart effect versi ringkas dari penulis indonesia.




penulisnya sebagai penekum meditasi ,menciptakan karya karya musik yang bisa menjadi teman bagi kita yang suka bermeditasi. buku ini juga menyertakan CD yang berisi 3 jenis meditasi mengamati suara . yang pada intinya berisi sugesti positif dan gelombang suara dalam frekwensi tertentu yang berguna untuk tujuan tertentu.


bagi saya yang suka bermeditasi dengan mendengarkan musik, buku ini memberikan cakrawala berpikir baru . tehnik tehnik yang dibagikan oleh penulis buku ini bisa menjadi refrensi tambahan yang berguna bagi saya dalam bermeditasi . musik bagi penulisnya tidak hanya berhenti pada tahapan seni yang hanya untuk ekpresi jiwa tapi musik menjadi olah jiwa yang bisa menjadi latihan mengembangkan kesadaran spiritual. sehingga orang yang menekuni musik menjadi manusia yang lebih sabar ,ihklas dan damai. tidak malah menjadi manusia yang hanya diperbudak hawa nafsu yang selalu berubah ubah dan tidka pernah mampu dipuaskan.


dari membaca tulisan penulisnya , saya bisa menangkap bahwa penulisnya adalah seorang praktisi meditasi yang dalam kesehariannya telah mempraktekkan apa yang dia tuliskan .
buku ini menjadi buku yang cukup berkesan bagi saya , tahun 2010 saya mendapatkan buku ini di salah satu stand pameran buku .


terima kasih untuk penulisnya , buku ini menurut pandangan ilmu yoga yang saya pelajari , berbicara pada level cakra anahata ( hati nurani / cinta kasih ) ,sehingga bagi orang orang yang mayoritas kesadarannya masih dalam level cakra dasar ( pantat / kursi kekuasaan ) , cakra sex ( kenikmatan ) dan cakra solar plexus ( perut / kekuatan ) akan sulit mencerna bahkan mungkin tidak tertarik sama sekali untuk membacanya.

ini semua bukan karena buku ini tidak bagus , buku ini bagus . tapi karena frekwensi kesadaran yang dimuat dalam buku ini masih terlalu tinggi untuk rata rata orang indonesia . apalagi mohon maaf , generasi muda indonesia yang hanya mudah terbius budaya pop dan belum tergerak untuk berlatih olah rasa dan olah jiwa.

Sikap hidup yang dipenuhi energi positif seperti Kasih , Iklas , Sabar dan syukur adalah pesan utama dan garis besar isi buku The power of sound karya diddi Agepphe.

semoga uraian ini ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun