Rabu, 25 Januari 2012

Dunia kacau , kita harus bagaimana ?



ada banyak keluhan di dunia ini , ada banyak masalah di dunia ini. termasuk di sekitar lingkungan kita. Indonesia banyak korupsi . Hukum bisa dikalahkan dengan uang . Tidak ada lagi Teladan . banyak hal orang mengeluh dan mengeluh lalu bertanya apa yang bisa kita lakukan ?


kita manusia ini memandang dunia sekitar kita berdasarkan pola pikir kita.
apa itu pola pikir ? kebanyakan manusia memandang dunia di sekitarnya berdasarkan apa yang di ketahui dalam pikirannya. kebanyakan isi pikiran manusia berisi kenangan kenangan masa lalu . kenangan masa lalu entah itu kenangan baik , buruk . bercampur menjadi satu dengan wawasan atau data yang dia himpun di dalam pikirannya .  susunan kombinasi data data dalam memori pikiran inilah yang disebut pola pikir. pola pikir seseorang menentukan pola  tindakannya.

alam pikiran bawah sadar manusia memegang peranan yang besar dalam menentukan sikap seseorang . jika seseorang bersikap penuh kebencian , bisa jadi terlalu banyak kenangan buruk berisi kebencian yang tersimpan dalam alam bawah sadarnya.


alam pikiran bawah sadar ini perlu di bersihkan. pikiran kita juga perlu di bersihkan . agar muncul kesadaran dalam memandang segala kejadian dan kekacauan di dunia.  ada tehnik tehnik tertentu yang bisa dipakai untuk membersihkan alam bawah sadar dari hal hal buruk . seperti dendam warisan , kebencian antar suku , kebencian antar agama. terlalu banyak kebencian yang tersimpan di dalam alam bawah sadar kita , akan membuat kita memadang dunia ini dengan cara bermusuhan.

oke , itu sekedar penjelasan pengantar . saya akan menjawab pertanyaan sesuai judul di atas. Dunia ini kacau , kita harus bagaimana ? kita tidak bisa merubah orang lain ,  kita hanya bisa merubah diri kita sendiri. pandangan kita terhadap dunia bisa di rubah , jika kita mau merubahnya.

dunia ini kacau ? itu karena pikiran anda memandangnya dari sisi negatif . dari sisi pandangan  positif. pertanyaan akan muncul yaitu apa yang bisa dilakukan di dunia yang kacau ?



banyak hal bisa dilakukan . apakah kita akan menambah kacau dunia atau kita akan menjadikan dunia ini lebih baik. dengan merubah cara berpikir , cara merasa dan cara bertindak kita menjadi lebih positif.

contoh : mengurangi berbicara hal hal yang menimbulkan kesan negatif. lebih banyak berbicara hal hal yang positif. mengurangi berpikir hal hal yang negatif . lebih banyak berpikir hal hal yang positif . mengurangi fokus pada perasaan negatif dan lebih banyak  fokus pada perasaan positif seperti bersyukur , berterima kasih , mencintai orang lain, tersenyum, berbahagia.

mengurangi perbuatan perbuatan yang berakibat negatif dan memperbanyak perbuatan perbuatan yang berakibat positif . contohnya menjadi lebih sehat , menjadi lebih produktif , menjadi lebih rajin, menjadi lebih ramah.

di jalan jalan banyak orang lalu lalang bermuka cemberut , sedih , marah bahkan terkesan sedang frustasi. jika kita termasuk dalam kategori ini . kenapa kita tidak mulai merubahnya dengan menetapkan satu hari dalam satu minggu dengan menunjukkan muka lebih tenang , lebih ramah.

jika seseorang berkata , sudah tidak ada harapan ! itu karena dirinya mengijinkan pikirannya dan perasaannya sejutu bahwa sudah tidak ada harapan , bahwa nasibnya buruk . jika dia  masih mengijinkan dirinya untuk mempercayai harapan , berpikir masih ada peluang , merasa bahwa kedepan saya masih bisa bertahan dan lebih sukses. otomatis pola pikir , pola rasa , dan pola tindakannya akan berbeda. dan hidupnya akan berbeda.

biarkan dunia ini kacau , tapi jangan ikut ikutan menjadi kacau. manusia punya kebebasan untuk memilih dalam bertindak bukan ikut ikutan apa kata media massa.

saat ini , saya menyakini . perubahan mendasar yang harus dilakukan di Indonesia adalah di dunia pendidikan. para tenaga pendidik/pengajar dari SD sampai Universitas harus di didik agar memiliki pola pikir , pola rasa dan pola tindakan yang positif maka dengan begitu anak anak didik sampai mahasiswa akan ikut tertular virus pola pikir , pola rasa dan pola tindakan yang positif.

tidak perlu berebut inspirasi . di dunia ini sangat banyak inspirasi jika kita mau membuka diri. membersihkan alam pikiran bawah sadar kita. maka inspirasi akan muncul dan tidak akan pernah habis.

apakah anda percaya di dunia ini ada manusia yang bisa menjadi pemimpin besar ? apakah anda percaya di dunia ini ada manusia yang bisa menjadi kaya raya dan sukses ? jika jawaban anda iya. apakah orang itu adalah diri anda ? kalau jawabannya bukan. maka pola pikir , pola rasa dan pola tindakan anda masih perlu di perbaiki.

anda semua berpotensi menjadi manusia besar , manusia yang sejahtera . persoalan terbesarnya adalah anda tidak mengijinkan diri anda untuk menjadi manusia besar , anda tidak mengijinkan diri anda untuk menjadi sejahtera. jika anda mengijinkannya maka anda percaya hal itu bisa anda alami . ketika anda percaya maka akan tumbuh kepercayaan diri di dalam diri anda. kepercayaan bahwa anda harus berubah menuju hal yang ingin anda capai. itulah keyakinan.

keyakinan ini akan memunculkan semangat dan energi yang besar yang bisa menemani anda untuk belajar dan berjuang setahap demi setahap . keyakinan dan semangat inilah yang akan menemani anda sepanjang hidup mencapai hal hal yang anda inginkan . keyakinan dan semangat inilah yang akan menemani anda melewati segala penderitaan.

apapun yang terjadi ,seburuk apapun keadaannya. jangan sampai kehilangan keyakinan bahwa anda adalah manusia yang di ciptakan untuk menjadi berguna dan memiliki takdir besar dalam hidup anda.

yakini hal tersebut dalam dalam . resapkan ke dalam setiap tarikan nafas anda. yakini itu  setiap anda mau tidur dan beristirahat. jika anda mampu melakukan itu dalam 40 hari berturut turut maka energi positif baru akan mengalir di dalam diri anda. saya sudah membuktikannya.

cobalah... maka anda juga akan merasakannya. semoga ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Tidak ada komentar: