Sabtu, 21 Januari 2012

Kenapa kita tidak bahagia ?



intisari buku :

The Joy Of Living
keceriaan hidup
mengungkap rahasia dan kunci ilmiah kebahagiaan.

penulis : Yongey Mingyur Rinpoche dan Eric Swanson

penerbit karaniya - bandung / 2008.

intisari buku :

saya ingin mengutip pendapat richard gere , artis hollywood yang menjadi murit dalai lama 14 . richard gere sempat datang ke jawa dan mengunjungi candi borobudur di tahun 2011. pendapatnya tentang buku ini



( foto Richard Gere berkunjung ke Candi Borobudur
laporannya disini )

" kebijaksanaan yang nyata ada disini. segar dan jernih. Hubungan antara ajaran budha dengan neourosains dan fisika masa kini di sampaikan oleh Mingyur Rinpoche "

buku ini membahas "kenapa kita tidak bahagia ? "
lalu membahas juga tentang kekuatan welas asih. buku ini adalah sebuah buku yang berbicara tentang hubungan antara ajaran budha dan fisika. banyak penelitian tentang syaraf dan otak di munculkan disini sebagai hasil dari pertemuan antara para ahli neourosains yang meneliti hubungan pikiran, perasaan dan kerja syaraf dan otak dengan para rahib budha tibet.

buku ini berbicara tentang seni menjadi bahagia dalam menjalani hidup , penuh dengan referensi ilmiah dan diselingi dengan ajaran budha tradisi tibet yang penuh cerita.

buku ini berbicara tentang landasan memahami kerja otak dan syaraf , kerja pikiran dan perasaan . sehingga kita bisa berlatih mengendalikannya . tujuannya adalah menggapai hidup sehari hari yang bahagia.

buku ini cukup tebal dan menarik untuk di baca para mahasiswa perbandingan agama, mahasiswa filsafat . dan orang orang yang tertarik pengembangan spiritual.

pengantar buku ini oleh daniel goleman, seorang profesor dalam bidang psikologi dan terkenal di amerika. jika anda tertarik membaca literatur budha yang di sandingkan dengan wawasan ilmu fisika. bacalah buku ini.

dan di jawa ada karya yang setara dengan buku ini , yaitu karya pujangga jawa abad 20 . ki ageng suryomentaram yang makamnya ada di salatiga jawa tengah. buku peninggalan beliau adalah ilmu kawruh bejo. ( ilmu kebahagiaan ).

saya sudah baca buku ilmu kawruh bejo dan sudah bertatap muka dengan sahabat yang berpraktek ajaran ki ageng suryomentaram . kombinasi jawa dan tibet ,membuat saya lebih mudah terseyum dan bahagia. karena literatur saya lebih banyak.

semoga ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Tidak ada komentar: