Langsung ke konten utama

semangat perubahan Renald Khasali


renald khasali adalah seorang pakar manajemen yang terkenal di Indonesia. beliau sudah banyak memberikan inspirasi dan pelatihan kepada banyak pihak mulai dari perusahaan sampai perorangan. beliau bukan tipe motivator yang sekadar pandai menyemangati orang. beliau adalah seorang dosen yang memang mumpuni di jurusan manjemen. dan beliau memang memiliki riwayat pendidikan yang jelas . memiliki track record yang jelas. bukan anak muda yang pandai mencari uang lalu tiba tiba jadi motivator dan memperlihatkan cara dia mencari uang.

kalau hanya orang yang pintar mencari uang lalu bisa jadi motivator dan pelatih , banyak orang di indonesia bisa jadi motivator dan pelatih . bahkan bisa lebih terkenal dari pegawai yang lalu berubah jadi motivator.
renald khasali adalah seorang pengajar dan pendidik . jadi beliau memang fokus di dunia pendidikan.

apa yang menarik dari semangat perubahan seorang renald khasali , beliau menulis sebuah buku berjudul Marketing in Crisis. dalam buku ini beliau menuturkan bahwa jaman selalu berubah , bahkan krisis ekonomi juga bisa merubah pola konsumsi masyarakat sehingga bagi sebaagian perusahaan akan mengalami kebangkrutan tapi bagi perusahaan yang lain ini adalah sebuah kesempatan emas menjadi untung berlipat ganda.

krisis ekonomi di pandang dari 2 sisi yaitu pandangan pesimis dan pandangan optimis. ketika krisis terjadi perusahaan yang besar rubuh dan ketika perusahaan yang besar rubuh , yang kecil menjadi bertumbuh. sekarang ini banyak sekali usaha kecil di indonesia , paling banyak adalah di sektor informal . pedagang kaki lima adalah salah satu penopang ekonomi rakyat indonesia yang tidak di subsidi pemerintah karena tanpa perizinan , mereka malas mengurus ijin karena repot dan mahal. dari sektor informal ini lapangan pekerjaan terbuka luas dan ini sebuah bukti kalau rakyat indonesia sebetulnya bisa survive di saat pemerintahan tidak bisa mengurusi mereka.

pada intinya di dalam buku marketing in crisis , renald khasali ingin mengatakan bahwa dunia telah berubah , pola kehidupan masyarakat telah berubah , maka kita sebagai pelaku usaha harus jeli melihat perubahan dan menyesuaikan diri dengan cepat.

banyak prediksi ekonom tidak pas karena data yang diambil sebagai acuan oleh ekonom adalah data dari BPS . dan BPS ( badan pusat statistik ) memiliki karyawan di daerah yang tidak kompeten dan anda bisa menilai kinerja pegawai kontak yang melakukan survey dengan kuesioner . dan masyarakat kita kecenderungan tidak mengisi kuesioner dengan betul dan sungguh  sungguh . mereka sibuk dengan urusannya sendiri dan melihat kuesioner  asal diisi saja sebagai formaltitas .


banyak orang tidak memiliki ktp juga bisa berkeliaran . bahkan memiliki ktp ganda. ini di statistik tidak pernah di catat padahal fakta dan menunjukkan kelemahan badan pusat statistik. satu satunya statistik yang pasti adalah data pegawai negeri sipil , karena merekalah yang menerima gaji negara dengan pasti setiap bulannya . tunjangan untuk anak istri pegawai negeri jelas. padahal produktivitas pegawai negeri indonesia begitu rendah . jam 8 masuk kantor , jam 2 siang pulang . 

marketing in crisis adalah sebuah buku yang menawarkan pandangan baru dalam melihat sebuah krisis ekonomi. krisis hanyalah sebuah perubahan pola pendapatan dan perubahan pola konsumsi . uang tetap berputar hanya bedanya aliran perputaran uang berubah.

empat perubahan yang harus di lakukan untuk menghadapi krisis ekonomi adalah ,
1. perubahan tehnologi
2. perubahan produk dan jasa
3. perubahan struktur dan sistem
4. perubahan sumber daya manusia

dalam krisis banyak orang menjadi stres atau tertekan. maka dari itu terapi menghadapi stres ini menjadi faktor penting dalam menghadapi krisis . setiap orang harus memiliki cara melepaskan stres dalam dirinya . setiap orang harus punya cara untuk membangun pusat kepercayaan dirinya. sehingga pertahanan diri seseorang tidak menjadi melemah .

pusat kekuatan utama seseorang berada di dalam keyakinan dirinya. jika keyakinan dirinya tidak di bangun dan di bekali dengan bermacam ketrampilan menghadapi stres di saat krisis maka akan mundah hancur dan lemah yang akan berujung pada depresi.

ketakutan selama krisis terjadi akan di hadapi banyak orang. ketakutan ini bisa menjadi buruk atau bisa menjadi peringatan dini bagi kita untuk terus mencari solusi yang terbaik.

buku ini pembahasannya cukup panjang lebar dengan contoh yang cukup detail. sangat pas di baca para manajer dan orang orang yang suka marketing . saya sendiri menikmati buku ini karena saya memang tertarik dengan ilmu ekonomi dan strategi marketing sejak tahun 2001.

di pembahasan marketing banyak hal hal yang berisi strategi dan filosofi serta kemampuan memahami konsumen serta membaca kemauan masyarakat , bahkan sampai memanipulasi pikiran masyarakat agar mengkonsumsi produk.

marketing adalah ilmu yang indah. karena setiap orang adalah penjual dengan berbagai macam jenis objek dagangan yang di tawarkan .

semoga uraian ini ada manfaatnya.
salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun