Jumat, 13 Januari 2012

Intisari : Spiritual Psikologi


( foto : Guru Hazrat Inayat Khan )

judul buku :
Spiritual Dimensions of Psychology
karya : Hazrat Inayat Khan
tahun terbit. 1981 - new york,

di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia :
Dimensi spiritual Psikologi
di terbitkan : november 2000 oleh : Pustaka Hidayah.


intisari buku .
haszrat inayat khan adalah seorang guru sufi asal india abad ke 20 . yang mengajarkan pengetahuan sufi di amerika serikat dan melakukan ceramah keliling dunia.

buku ini adalah kumpulan ceramah beliau tentang fungsi pikiran manusia dan bagaimana melatih pikiran.

buku ini adalah salah satu referensi ilmu tentang pikiran yang di kaji dari sudut pandnag dunia timur dan dipadukan dengan logika berpikir barat . di bagian pembuka kita akan di sajikan dengan pengertian cara kerja pikiran , di bagian kedua di sajikan tentang hakikat pikiran dan memasuki meditasi . sedangkan pada bagian akhir buku ini berbicara tentang pikiran para peramal.

pengaruh sugesti di bahas cukup panjang di buku ini . penyucian mental juga di bahas panjang lebar , yang dalam bahasa saat ini disebut menghancurkan mental blok.
pertimbangan manusia dalam memutuskan sesuatu, di bagi penulis buku ini menjadi 3 hal. yaitu pertimbangan langit dan pertimbangan bumi serta pertimbangan di balik pertimbangan atau rahasia.

kisah tentang nabi musa berguru kepada khidir juga di kutib dalam buku ini . kisah tentang orang orang yang sudah memiliki ketajaman mata batin juga di bahas dalam buku ini . tentang cinta tentang kebencian.

perbedaan antara seorang yogi dan wali juga di bicarakan disini. bahkan pengertian bodhi satva juga di bicarakan disini . beliau sangat menguasai spiritualitas india , tempat lahir dan matinya.
pada prinsipnya semuanya adalah wujud pengabdian kepada sang maha kuasa atau tuhan. pengertian tentang visi , mimpi dan beraneka jenis mimpi juga di bicarakan panjang lebar .
membaca buku ini memerlukan pemahaman bertahun tahun baru memahaminya.
saya selesai membaca buku ini di tahun 2002 . dan tidak memahami semua hal yang di tulis dalam buku ini , baru saat ini setelah tahun 2012 , banyak hal dalam buku ini yang baru bisa saya pahami .

pelajaran spiritual yang di sampaikan seorang guru sufi luar biasa ini , sangat menginspirasi sekaligus memancing kita untuk melakukan penyelidikan lebih jauh.
ini termasuk buku langka yang mengajarkan tentang ilmu pikiran dengan jelas dan cukup lengkap. sangat cocok di baca para pengembara spiritual dan para mahasiswa psikologi .

inspirasi adalah pengetahuan yang memancar dari dalam , bukan berasal dari otak . dan pikiran diam saat inspirasi datang . saya masih terkagum menyimak uraian guru ini .
tertarik untuk membacanya ?

semoga uraian ini ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Tidak ada komentar: