Langsung ke konten utama

Ruh bagi Perusahaan



The corporate Shaman

A business fable

penulis : Richard Whiteley
terbit 2002.

di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia
penerbit Gramedia - tahun 2004.
judul :

The Corporate Shaman
Penyembuhan dalam dunia bisnis

ketegori : buku bisnis dan pengembangan diri

intisari buku :

setiap perusahaan hebat pasti memiliki ruh perusahaan. ruh perusahaan dalam ilmu shaman bisa di wujudkan dalam simbol roh binatang pembimbing. begitu pula untuk manusia.
shaman adalah tabib yang mampu berkomunikasi dengan alam ruh. karena perusahaan di jalankan oleh manusia . maka ruh perusahaan tergantung pada ruh manusia . ruh adalah semangat hidup dan karakter yang mendasari pola pikir, pola rasa dan pola tindakan.



jika anda amati film harry potter , setiap siswa penyihir memiliki hewan pendamping masing masing . harry potter memiliki burung hantu . musuhnya memiliki hewan pendamping ular . setiap penyihir memiliki hewan / ruh pendamping .

film harry potter adalah simbol ajaran shaman. dan dalam buku ini membahas ruh hewan pendamping yang bisa memberi semangat . penulis buku ini menggunakan tehnik meditasi suku asli amerika seperti indian hopi atau apache.

contoh ruh perusahaan di wakili oleh simbol perusahaan tersebut . contoh :

situs jejaring sosial " twitter" memiliki roh burung kecil yang suka berkicau
browser internet "mozilla firefox " memiliki ruh rubah terbang.
klub sepak bola ' manchester United " memiliki ruh dewa api atau red devil . karena devil berasal dari kata sansekerta deva. red/merah itu simbol api .

perusahaan mobil " ferrari " memilih ruh kuda perang.
republik indonesia memiliki ruh garuda pancasila.
organisasi lingkungan WWF memiliki ruh panda.

ciri utamanya, lambang hewan pendamping selalu mewakili identitas perusahaan tersebut. bahkan karyawannya. ruh KFC adalah bapak tua yang berkacamata veteran perang.

untuk apa ruh tersebut ?
untuk memperbaiki kinerja perusahaan , dengan semangat baru. bahkan setiap pemimpin perusahaan yang berkonsultasi dengan shaman pasti memiliki tokoh penasehat spiritual dalam meditasinya.

buku ini mengajak agar setiap orang berkomunikasi dengan jiwanya sendiri yang paling dalam dan menemukan ruh pendamping yang cocok untuk membantu memberi nasehat nasehat pribadi dalam setiap urusan . sehingga setiap orang menjadi individu yang mampu menggali kesadaran ruh nya sendiri atau dalam bahasa saat ini di sebut kecerdasan spiritual. dan tren pelatihan spiritual di dunia bisnis sudah mulai menggejala di indonesia sejak 2005.


di amerika rupanya ketika buku ini di tulis tahun 2002 , tren tersebut sudah terjadi bahkan 20 tahun sebelumnya hanya mulai populer di tahun 2000.

apakah anda tertarik memiliki simbol hewan ruh anda sendiri ?

inilah kebijaksaan kuno suku asli amerika, bahwa setiap orang memiliki totem sejak lahir . apa itu totem ? ruh pendamping /malaikat penjaga .

kalau dalam cerita legenda legenda , setiap nabi memiliki malaikat sebagai pembimbing . para raja kuno memiliki para shaman/ peramal sebagai penasehat.

bahkan para dewa dalam cerita Hindu memiliki hewan tunggangan atau totemnya sendiri sendiri. dewa shiwa menunggang harimau , dewa wisnu menunggang garuda , dewa brahma menunggang angsa , dewa indra menunggang gajah . bahkan dalam cerita kartun avatar . tokoh angg menunggang bison terbang . ada teman teman ang yang memiliki hewan yang berbeda beda.





kalau tentang shaman ini , Indonesia adalah gudangnya .setiap pemimpin perusahaan dan pejabat negara di indonesia pasti memiliki penasehat spiritual . bedanya shaman adalah seorang penyembuh atau healer / tabib.

tehnik meditasi shaman suku indian amerika pernah saya pelajari di tahun 2005 . dan saya pernah memiliki totem . saat ini saya juga memiliki totem sebagai praktik pengembangan karakter saya. dalam ilmu psikologi, ini di sebut melatih intuisi .

di jawa di sebut berjumpa guru di dalam diri.
dalam dunia pendidikan barat disebut pembelajar mandiri. berusaha menemukan solusi dengan berpikir dan merenung.

semua tehnik ini pada dasarnya adalah hanya mencari solusi sebuah masalah .sesuaikan tehnik yang anda miliki dengan kepribadian anda.

semoga uraian ini ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun