Langsung ke konten utama

Menggagas Nulis Buku Club Semarang



pada hari ini , minggu 15 januari 2012
jam 10.30 wib telah di adakan kopi darat untuk menggagas lahirnya Nulis Buku Club Semarang.

Apa itu Nulis Buku Club Semarang ?
sebuah wadah kreatifitas yang bersifat terbuka , untuk memfasilitasi siapa saja yang hobi menulis dan ingin karyanya di cetak dan di terbitkan sekaligus di jual di www.nulisbuku.com.


nulisbuku.com adalah sebuah jasa penerbitan yang berbasis sistem Print On Demand sekaligus sebagai toko buku online . para penulis yang memiliki naskah bisa menerbitkan bukunya melalui situs ini dengan ketentuan tertentu.

ada naskah , disusun dalam template tertentu , ada cover . anda upload di situs ini lalu anda tentukan sendiri harga jualnya . dan anda lalu membayar cetakan pertama mininal satu eksemplar sebagai proof read . setelah hasil cetak anda terima , dan tidak di perlukan revisi , buku bisa ditayangkan di rak buku online www.nulisbuku.com

orang orang yang tertarik dengan visi nulisbuku.com yaitu " terbitkan bukumu sendiri , wujudkan impianmu jadi penulis "

lalu membentuk sebuah komunitas yang disebut Nulis Buku Club . salah satu yang sedang dirintis adalah Nulis Buku Club Semarang. yang baru mengadakan pertemuan pertama yang kebetulan di hadiri 6 orang .

yaitu saya sendiri ( edy pekalongan ) , winda rahayu , dwi nur cahyani
Rinya Hinda Dian P, sekar nareswari , mirza yuliana.

ini fotonya :



kami berharap dari pertemuan ini tercipta wadah persodaraan dan wadah kreatif yang bisa menjadi tempat bagi siapa saja untuk mengembangkan bakatnya menulis . bagi anda yang belum pede menulis , mari bergabung bersama kita . karena kita juga baru belajar menulis. mari bersama sama kita mengasah kreatifitas kita.

Nulis Buku Club Semarang memiliki account di twitter : @NBCSemarang

ada project yang kami rencanakan yaitu menerbitkan sebuah buku dengan sebuah tema, dengan bendera penerbit NBC Semarang.

apakah ini hanya untuk anggota yang bertempat tinggal di semarang ? tentu tidak. siapa saja boleh bergabung, Semarang sebagai pusat ibu kota jawa tengah , semoga bisa menjadi ibu / pembimbing bagi para warga jawa tengah yang punya kesamaan visi yaitu " menerbitkan buku sendiri dan mewujudkan impian menjadi penulis " melalui wadah bernama NBC Semarang.

jika anda ingin bergabung, silahkan masuk ke twitter : @ NBCSemarang atau bisa menghubungi email saya : edy_pekalongan@yahoo.co.uk

saya punya usulan, di kopi darat berikutnya , untuk di adakan di tempat umum seperti di halaman perpustakaan propinsi jawa tengah / ngesti pandowo . atau di sebuah taman atau tempat publik dan kita bisa menggelar tikar , bawa minuman dan camilan sendiri dari rumah.

ini sebuah langkah awal , kami yang hadir bukanlah pendiri , kami hanyalah orang orang yang kebetulan karena pengaruh hukum Law of Attraction mencoba mendirikan Pendopo di dunia maya. Pendopo adalah bangunan jawa tempat pertemuan yang tanpa sekat bahkan seringkali tanpa kursi sehingga semua orang bisa duduk bersila atau selonjor atau bahkan sambil tiduran. Pendopo di dunia maya ini adalah NBC Semarang sebagai tempat untuk orang orang bertemu , ngobrol , sharing . dengan menu camilan khas berupa ide ide menulis dan menerbitkan buku serta minuman berupa inspirasi yang dibawa oleh siapa saja yang berkunjung ke pendopo kreatifitas milik bersama ini.

sumpah pemuda di mulai oleh orang orang yang tidak terkenal , bukan pahlawan . dan akhirnya seiring waktu menjadi sebuah gerakan perjuangan bangsa melawan penjajahan fisik.

Nulis Buku Club Semarang yang di mulai dari generasi muda yang tidak terkenal , bukan siapa siapa semoga seiring waktu bisa menjadi sebuah gerakan perjuangan untuk memasyarakatkan budaya literasi ( membaca dan menulis ) di wilayah Jawa Tengah .

belajar dari Filsafat Pancasila yang jika di ringkas seringkas ringkasnya akan menjadi Gotong Royong. semangat Gotong Royong inilah yang seharusnya menjadi landasan bagi siapa saja yang ingin bergabung di NBC Semarang.

di dalam dunia semut ada gotong royong
di dalam dunia lebah ada gotong royong
di dalam tubuh kita organ organ tubuh bergotong royong.



kami yang tadi hadir di kopi darat pertama ini , sedang memulai bergotong royong membangun pendopo kreatifitas di dunia maya yang di sebut NBC Semarang. kami mengundang para blogger, para calon penulis , dan kami lebih bersyukur jika ada penulis yang senior mau membantu kami.

rencana kedepan saya akan mengadakan proyek menulis ebook gotong royong untuk menggambarkan pesona kota semarang dari sudut pandang seseorang yang pernah tinggal di kota semarang , misalkan cerita sebuah jalan di bukit daerah Gajah Mungkur yang jika kita nongrong disitu pemandangannya akan membuat kita merasa rileks dan dekat dengan tempat makan berupa warung nasi pecel yang enak dan murah. bahkan di sertai peta dan facebook penulisnya.

dari cerita pribadi yang unik ebook tersebut jika di olah lebih dalam akan menjadi sebuah buku yang berisi banyak pengalaman menarik untuk di baca. sehingga para backpakers dan pelancong tertarik untuk berkunjung ke semarang. dan setiap orang yang ingin mengalami sensasi menyenangkan dari setiap cerita yang ada dalam buku tersebut bisa bertanya langsung kepada penulisnya melalui email / facebook.

tunggu saja kabarnya.

sekian laporan kopi darat Nulis Buku Club Semarang yang pertama.
jika ada sesuatu hal di dalam pertemuan pertama ini, yang
membuat perasaan kita tidak nyaman. semoga itu semua bisa di bersihkan...

i'am sorry
please forgive me
i thank you
and i love you

salam,
edy pekalongan

Komentar

Anonim mengatakan…
Wow !! Keren tulisannya. :-) Sangat senang bisa berjumpa dengan Mas Edy yang memiliki passion di menulis. Semoga saya bisa menerbitkan buku juga seperti mas Edy !! Thank you mas.. Ikut proyek "pertemuan pertama" nbc Semarang kan ? :-)
Edy Pekalongan mengatakan…
saya mendukung lahir dan batin. hanya saya tidak pandai menulis fiksi..
Dn Cahyaningtyas mengatakan…
blog walking mas Edy, keren juga euy tulisannya. gathering besok ikutan yaa :)

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k